Ibu Kota tercinta kita KEBANJIRAN……

Mungkin orang2 sudah mulai lupa soal hilangnya Adam Air atau Masalah Lumpur Lapindo, bahkan gaung tsunami Aceh yang baru terjadi akhir 2004 lalu juga hampir hilang. Masalah flu burung pun orang2 sudah gak peduli lagi. Yang ada sekarang , “ jakarta banjir” atau “ air belum surut di jakarta” atau “ perekonomian di jakarta sempat terganggu dengan adanya banjir”

Jakarta banjir lagi?? Ibu kota tercinta kita banjir lagi??? Ibu kota??? Kok bisa??
Dan yang lebih membuat afie terheran-heran lagi belum meratanya bantuan ke seluruh daerah bencana. Maksudnya tu…..ya ampuuun…..plis…deh….IBU KOTA gitu looooh……bukannya udah pernah banjir, harusnya tau donk gimana cara ngatasiinya…..cuman kedelai yang bisa jatuh di lubang yang sama 2 kali. Sedihh…..

Pernah baca bukunya Seno Gumira AjiDarma yang judulnya “Affair, Obrolan Tentang Jakarta” ?? kebetulan kemaren afie pinjem buku itu dari si Bowo. Bukunya cukup menggelitik, bercerita tentang kehidupan Jakarta, manusia2 jakarta (yang oleh penulisnya di sebut sebagai Homo Jakarteinsis) hingga permasalahan-nya, dilihat dari sudut pandang seorang Seno Gumira Ajidarma. Salah satu yang bikin afie cukup terksesan, tentang seringnya orang mengatakan “semoga sukses ya!!” , disitu kemudian dijabarkan mengenai arti sukses bagi sebagian orang. Seno menggambarkannya kira2 seperti ini

“Seorang supir yang selalu datang tepat waktu, taat peraturan lalu lintas, dan hampir tidak pernah menyerempetkan mobil bos-nya sering dianggap bukan orang sukses, padahal bisa kan kita bilang dia adalah orang sukses (meskipun dalam tataran supir). Sebaliknya kita menganggap seseorang yang baru diangkat jadi menteri sering kebanjiran selamat dan ucapan “wah dia orang sukses”, padahal jadi menteri saja belum, baru diangkat”

bener2 kata2 yang cukup menggelitik.

Adalaagi cerita mengenai jakarta yang selalu kebanjiran. Seno Memberi judul untuk tulisan itu “Sedia Sampan Sebelum Banjir”. Asli…isinya cukup membuat afie tertawa2 dan sedikit menggugah pemikiran….
“jakarta sudah langganan banjir, sudah sejak 50 tahun yang lalu, dan hingga sekarang masih saja banjir. Pertanyannya masih yakinkah anda bahwa 50 tahun atau setidaknya 10 tahun mendatang jakarta tidak banjir?? Jika anda tidak yakin, lalu mengapa kita belajar untuk mengakrabkan diri dengan banjir?? Kita contoh saja saudara2 kita yang hidup di pinggir laut dan membangun rumahnya dalam bentuk rumah panggung dan melakukan aktivitas dengan menggunakan sampan. Rumah mereka dibangun setinggi sekian meter dari permukaan laut, sehingga jika air naik rumah mereka tidak kebanjiran. Seperti di Venesia misalnya yang terkenal dengan rumah air dan gondolanya. Mengapa jakarta tidak dibangun seperti itu? Jika memang banjir harus datang tiap tahun kita bangun saja rumah2 panggung. Gedung2 perkantoran nantinya akan memiliki armada kapal masing2. Orang2 berdasi yang pergi ke kantor mengganti mobilnya dengan sampan, perahu atau kalau mau keren sedikit pakailah kapal motor.”
mmmm…….cukup masuk akal kan?

Jakarta…Jakarta…..untung keinginan untuk hijrah ke kotamu sudah hilang. Untung dulu ibukota Indonesia gak jadi dipindah ke Yogyakarta. Satu-satunya hal yang membuatmu ingin kusinggahi lagi hanyalah Dufan….HA…HA…HA…..;p

4 thoughts on “Ibu Kota tercinta kita KEBANJIRAN……

  1. Numpang nimbrung nih Fi..
    Boss, ada kesempatan di kompas buat bikin opini tentang banjir di sono. Lumayan kalau dimuat. Mau bertarung denganku?

  2. Numpang nimbrung nih Mbak.. (lagi)
    Eh, kalau nulis namaku, jangan yang aseli, nama di dunia maya aja. Wah, penyakitmu sama kayak si joesatch

  3. ::pramur
    wah, boleh tu….lom telat kan???? btw….knapa kamu bilang sgala kalo itu kamu, kan jadi ketahuan .. yoi men…kapan2 pake nama pramur deeh….

  4. Numpang nimbrung nih Mbak…
    KOMPAS tiap Jumat emang ada rubrik buat mahasiswa, namanya FORUM. Cuma selain itu ada lagi rubrik lain. Mmmm… tiap minggu topiknya ditentukan. Kirim aja Pren..
    .
    Waduh, Anda memang benar-benar pemula di dunia wordpress ya? Postingan kan bisa diedit, terus cari nama aseliku di atas, terus ganti dengan nama aseli di dunia maya. Indah tetapi mudah bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s