data, surat dan birokrasi…(lagu lama….)

Mungkin sampe hari ini masih bisa rada sabar, gak tau deh besok gmn.

Entah sejak kapan, aku dan Sita, temen preman satu kampus (heheh:p) dan kadang2 juga bareng si pras, pusing nyari data kemana2. Kalau bukan karena Proyek Khusus, kita gak bakal rela muter2+searching data yang gak jelas. namun karena tuntutan kewajiban dan demi kemaslahatan umat, dengan sedikit senang hati kamu ber-muter2 ria, ya skalian memperluas daerah kekuasaannya si Sita :p

diawali dengan melobi orang-orang terdekat, karena cara ini dianggap cara yang paling mudah sekaligus halal…pertama si Sita yang nyari data ke mas-masnya yang ternyata kerja di perusahaan yang cukup punya “nama” di tingkat internasional. “wah, bakal keren nee…kalo bisa dapet” hehehe..kedua, aku nyari di toko swalayannya mbakku, yang jadi masalah adalah jarak dan waktu. Mbakku itu jarang pulang , swalayannya ada di daerah Blora sana (hayo ada yang tau Blora ada dimana…????) ,…..yang tentu saja amat sangat sulit menemukan yang namanya “Warnet” …ya bisa dibayangkanlah daerah tempat mbakku menjalankan usaha itu seperti apa….pliss deeh ..gak ada warnetnya..hiks…

3 minggu berselang akhirnya sita dapat 2 data dari 2 perusahaan yang berbeda. sementara aku? tentu sukses mendapat data dari swalayannya mbakku. dengan penuh semangat kita segera membuka data dan merencanakan hal2 mengagumkan laiinya berkaitan dengan ‘mau diapain’ data ini nantinya..

begitu dibuka jreng..jreng……

data darii mbakku ..isinya cuman angka doang…gak ngerti sama sekali…..angka dan angka…

data dari Sita…..ya lumayan bisa terbaca…tapi tetep gak ngerti…lumayan, ada huruf2nya dikit gak cuman angka doang….

alhasil dengan sedikit bingung majulah kita menemui dosen pembimbing kita….dan hasil yang didapat adalah…..‘wah, datanya sedikit ya ternyata, trus kalian rencananya mo gimana? kalo nyari data lain gimana? biar sasaran nya lebih pas. coba nyari data ke *****’

hiks…..

akhirnya kita memutuskan untuk nyari data ke sebuah lembaga internal UGM yang ditunjuk oleh pak dosen. awalnya si pras males, yah apalagi kalo bukan karena…‘ntar pake surat2 gitu y….ribet ntar, udah gitu lama…’ tapi karena berdalih tetap semangat dan pantang menyerah, aku dan sita memutuskan untuk berani mengambil resiko ngambil data disana.

hari pertama, ngurus surat ke prodi. ini seh cepet, dengan bantuan pak Jum, besoknya  jam 10 surat yang dipesan udah jadi. wah, beres…dan meluncurlah aku ( yang waktu itu sendirian ) ke *****. begitu datang, dengan mantap, ngasih surat ke front office tapi disuruh nunggu bidang Admin-nya ‘baru datang jam 1 mbak, ntar kesini aja lagi’  ya wes…akhirnya aku membunuh waktu di SIC dulu. jam 1 meluncur lagi…ketemulah sama pak Admin (yang ternyata teman yang kukenal, sayangnya dia gak inget aku…huaaa…) ‘o, gini mbak, mbaknya bikin surat perjanjian dulu, pake materei..bla..bla….’. oke..oke…..aku masih semangat dan serta merta menyanggupi.

2 hari kemudian, aku (kali ini ditemani SIta) datang ke ***** mantap dengan surat perjanjian bermaterei dua rangkap. ‘waduh mbak, bagian adminnya baru ada ntar sore jam 4/5an’ waduh…ya udah deh.baru besok siangnya aku bisa ketemu sama pak Adminnya. ‘ya, langsung ke bagian swalayan aja mbak’ siip, tinggal ngambil data neeh. aku dan Sita mantap masuk ke ruang swalayan. ditemui bidang operasional data. setelah panjang lebar menerangkan maksud kami….

‘wah, udah ke pengurus belum mbak??’

‘wah, kita punya datanya seperti ini-e mbak, kalo yang mbak maksud itu terlalu banyak, kami gak bisa kalo banyak2, karena harus di print satu2’

di print satu2?? kita pake flasdisk deh pak, biar gak ngeprint, kalo nggak, kita pake CD kosong, kita burn.dan inilah jawaban yang kami dapat :

‘wah, kami gak berani mbak pake Flas disk, dulu kejadian pernah juga, akhirnya komputer kita kena virus semua. kalo pake CD juga gak berani, takut kena virus’

(satu hal yang bikin aku+sita bingung..’ini masnya ngerti gak seeh maksudnya kita ngeburn cd kosong??’)

‘wah, kami sebenarnya senang sekali bisa membantu, tapi hari ini operasional lagi sibuk banget mbak, mbaknya besok ke sini lagi aja jam 1 siang, saya siapkan data 10 lembar’

besoknya lagi…

‘tunggu bentar ya mbak (sambil masukin kertas buat ngeprint data, udah gitu ngeprintnya pake dot matrik yang pasti luaaaaaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmmaaaaaaaa)’

‘mbak, kalo data seperti ini kayaknya gak bisa ya? coba mbaknya ke FO aja, data disana lebih lengkap’

oke, kita ke FO…

ooo, gitu ya, coba mbaknya ke bagian admin untuk minta izin dulu’

oke, ke bagian admin. setelah di ACC ke FO lagi

‘wah, kalo data yang itu gak ada mbak disini (aduh…plis deh mbak, bilang dari tadi…kita dah langsing neh bolak-balik dilempar2) ….coba ke bagian swalayan aja mbak, disana pasti ada’

sudah mulai habis kesabaran, terpaksa balik lagi ke bagian swalayan

‘ooo gt ya mbak. kalo hari ini kita gak bisa, coba besok mbaknya kesini lagi aja’

kalo hari senin mas?

wah, hari senin gak bisa, sibuk mbak operasionalnya’

kalo hari selasa?

‘wah…selasa sibuk juga mbak…(tiba2 sita udah mulai kesal, entah karena lirikannya yang maut..tiba2 masnya berubah pikiran) eh, tapi selasa sore bisa mbak.’
tiba2 kita jadi bertanya2…sebenarnya ***** niat mau ngasih data gak seeh ke kita????????

4 thoughts on “data, surat dan birokrasi…(lagu lama….)

  1. Waduh…waduh…. Maaf banget ya…. Afie…. Sita… Kalian kok ngerjain cuman berdua aja sih…??? Mbok aku diajak sekalian… Kan gak enak kalo aku gak kerja… Padahal ada namaku di situ… Numpang nampang nama doank sih… Hehehe…
    Ato jangan-jangan ntar aku dikasih bagian coding program nih ya…??? (wacks…!!)

  2. Numpang nimbrung nih Tante…
    Sabar Bos.. Orang sabar banyak yang mati darah tinggi disayang Tuhan…

    Birokrasi itu di UGM seperti mencari sesuatu di Google, tidak semudah CTRL+T, TAB, ketik blablabl, ENTER. Selalu ada proses, tapi kadang-kadang suka bikin mual juga…

  3. ::adhijogja
    ya, mau bagaimana lagi pras…heheheh :p maap ye, suka gak ngajakin..coz, aku ma sita juga kalo lagi pas mood aja mau ke sana…tunggu ntar ada tugas buatmu…ditunggu aja…weekekekkk…btw, emang kita jadi bikin program ye?? coz aku lom ada bayangan ma sekali programnya kayak apa…:p

    ::Aday
    gak papa, seru kok…:p

    ::pramur
    bukan kadang2…tapi ‘sering’ bikin mual…terlalu sering malah…itu juga yang jadi rahasia saya kenapa saya terlihat selalu langsing..:p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s