family ..go to open source

kata orang, dakwah yang paling sulit kalo ‘dakwah’ ma keluarga sendiri – bentar2 ini mo ngomongin apa sebenarnya?-  iya, ceritanya aku lagi nyoba men’dakwah’kan open source sama orang rumah :p. bukankah niatanku ini mulia?? meskipun sebenere aku sendiri juga lom begitu intens ke Open source. tapi semoga dengan niatan ini juga, aku jadi semakin belajar dan nyoba migrasi ke OSS

afie….ki word-ku ngopo???”

diawali dengan keluhan kakak ke7-ku yang ngomel2 karena tiba2 microsoft word-nya gak bisa jalan. Bisa jalan dink….tapi safe mode. Aneh memang, awalnya aku pikir karena kena virus, tapi setelah kutelusuri, kujelajahi mulai dari regedit, Ms Config, kucoba me-restore system sampe nyoba buka di DOS, rasanya baik-baik saja. Gak ada sistem dari luar yang mengganggu. Akhirnya dicobalah cara terampuh..install ulang (heheheh:p). tapi entah kenapa juga setelah 3 kali install ulang, word tetep hanya mau jalan kalo di safe-mode. Padahal untuk aplikasi office lain baik2 saja, power point-nya oke, msAcces juga oke. Kenapa coba??/ aku juga bingung.

Akhirnya karena mbakku semakin ribut, panik, cemas, mutung dan mulai menangis ( yang terakhir itu bohong..:p), akhirnya aku menawarkan solusi….”piye nek tak installin open office aja?” mbakku cuman bengong…”hah? Opo kuwi open office? “ wah….ya ini…. terlalu teracuni oleh microsoft windows software berbayar seeh..jadi gak tau ada aplikasi yang sama “plek” kayak word tapi gratis. Dengan sedikit ‘nggaya’ dan sok tahu mulailah saya mendakwahi mbaku seputar open office dan teman2nya…” jadi mbak…open office itu bla…bla…udah gratis..bla…bla..bla…sama banget kayak word…bla..bla..bla…”. Mbaku dengan seksama dan terharu mendengarkan. Seperti biasa, aku dianggap penyelamat karena selama ini sukses menangani keluhan2 mbakku seputar kompie (padahal seringnya aku cuman memberi solusi..”piye nek format ulang” hhehehehe….) ah, yang penting klienku puas..:p

Mulailah aku nginstall open office. Sukses!!! Dan mulailah mbaku bekerja dengan software yang mirip kayak Word itu. Tapi 5 menit kemudian…..”afieee…..iki piye carane? Kok angel? Kok ruler-e aneh? Headingnya gak beres neeh, bullets & numberringnya gak mau diatur…wah…..enakan nganggo word iki…” dengan sedikit rada panik aku mencoba memberi sedikit tutorial sama mbakku (padahal sebenere aku juga gak jago2 amat:p) tapi, akhirnya usahaku sia2. “aku nganggo word wae lah, neng safe mode yo ra popo…angel nganggo open office, jare mirip…jebul ra mirip blas…”

Yah, susah memang berdakwah “open source” terutama dengan keluarga sendiri. Pun dulu sempet diprotes gara2 aku berniat nginstall Kubuntu di Kompie. Kata orang2 rumah seeh …” ngapain..???” waktu itu aku tetep nekat nginstall tapi yang ada malah jadi format ulang karena aku salah nginstall + data2 orang rumah ilang semua…wekekekekekk…..

Yah..kapan2 deh……semoga nanti aku+orang rumah jadi bisa make Linux dan teman2nya. Bukan mau sok mulia seeh, tapi…kayaknya seru aja plus sedikit menghapus dosa atas pembajakan yang selama ini kami lakukan , heheheh……

 

3 thoughts on “family ..go to open source

  1. Numpang nimbrung nih Fie…
    Waduh, baru dikritik sedikit sama keluarga sendiri aja langsung mehong.. Kekekeke..

    Lihat Nabi kita Bude.. DIkasih taik manusia juga anteng dalam menyebarkan ketauhidan. Bahkan paman beliau sendiri nggak masuk Islam sampai matinya.

    Kalo kamu dimaki-maki sama mereka, atau dipisuhi dengan mengatakan “Benarkah akan kami dapatkan kamu sebagai pembawa kebenaran lagi nyata? Mengapa tidak diturunkan kepadamu mukjizat2 dari Tuhanmu?”

    Anteng aja jawab begini “Sesungguhnya mukjizat- mukjizat itu terserah kepada Allah. Dan sesungguhnya aku hanya seorang pemberi peringatan yang nyata”.
    😀😀😀😆😆

  2. wah..aku baru males login neeh, biasa SIC suka bikin emosi kalo buka wordpress.

    ::adhijogja
    awalnya, saya memang terinspirasi dari pak Pras….habis keren seeh, anak2nya aja udah dikenalin ke LINUX. lha aku? kenal Linux dan teman2nya baru2 ini aja. trus, satu keluarga juga punya blog semua. keren ya…

    ::pramur
    wuahahahaha….bisa2 aku dipecat dari rumah kalo gitu. masalahnya cuman satu mur, orang rumah seeh gak papa kompie aku instalin linux semua. yang jadi masalah adalah, saya bukan orang yang ahli di bidang itu, ya cuman bisa sekedar install doang (itu pun masih gagal), ditambah lagi pengetahuan saya mengenai OS juga kurang….jadinya kalo ada sesuatu terjadi……….aku kan gak tau harus gimana..

    ==yo sinau lah fie…piye to afie ki…makanya blajar!!==

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s