Global Warming, Vegetarian dan tas Kresek

Minggu2 kemaren, gak tau kenapa ya? tiap lihat TV pasti lagi ngebahas soal Global Warming. dimulai di hari Sabtu, Oprah nayangin soal Global Warming (wah…seperti biasa, gak nyesel liat edisi2 oprah yang satu ini), trus, sorenya discovery Channel di Metro_tv ngebahas soal betapa tamaknya perburuan manusia terhadap laut yang jadi salah satu penyebab Pemanasan Global Juga. Paginya lagi, nonton berita ada abrasi di (mana ya? aku lupa tempatnya pokoknya di Indonesia), trus ada tanah longsor….sorenya liat avvatar-the legend of ang (apa maksudnya??? ya..kan pas episode ang masih di kutub, jadi ngebayangin kalo kutubnya mencair…gimana ngerinnya coba??)

di Oprah, bintang tamunya Al Gore ( digambar bawah tuh..), mantan wakil presiden USA yang sekarang lagi gencar2nya mengkampanyekan soal global warming (oia, filmnya judulnya Inconvient truth -bener gak ya tulisannya?- kalo mo liat resensinya disini aja…http://kopipakegula.blogspot.com ) , kabar2nya beberapa artis macam Julia Robert juga gabung ke aksi “Green Team”-nya Al Gore.

globalwarming.jpg            images.jpg     2.jpg   images3.jpg

Di situ diliatin, foto2 Pegunungan di Nepal, 20 tahun yang lalu dibandingkan dengan kondisinya yang sekarang. buseeet….jauuuuh banget. dulu, pegunungan ini masih ditutupi sama salju. hampir seluruhnya. Sekarang, yang terlihat hanya rerumputan hijau dan tanah gersang. ngeri kan? ada lagi di kutub, populasi beruang kutub juga makin turun. beruang kutub yang sekarang-pun bobot badannya jaaauhh di bawah beruang kutub 10 tahun yang lalu. apa sebab? pemanasan global yang membuat bongkahan2 es yang mengambang jadi mencair, padahal itu salah satu transportasi beruang kutub buat berburu anjing laut. alhasil mereka harus berenang lebih jauh padahal belum tentu mereka bisa dapat makanan. itulah kenapa beruang kutub sekarang lebih kurus, bahkan banyak yang mati saat mereka berenang mencari makan (berenangnya terlalu jauh…habis bongkahan2 es-nya udah gak ada lagi!). Trus baru2 ini kita juga tau, kalo di Jepang ini pertama kalinya setelah beberapa ratus tahun, musim dingin tanpa salju. aneh kan? belum lagi di Australia, beberapa bulan yang lalu,  kabarnya beberapa daerah musti memanfaatkan air selokan untuk di olah jadi air siap minum, gara2 gak turun hujan! busseet…air selokan diminum!!!

ya..gak usah jauh2lah. di Indonesia sendiri. banyak daerah yang kena tanah longsor (padahal sejak SD kita diajarkan….”Penebangan secara liar mengakibatkan apa anak2??”…”banjir dan tanah longsor buuuu…..!”). belum lagi  kekeringan di mana2, padahal di saat yang sama ada daerah yang hujan gak berhenti2 malah banjir. aneh!

mungkin bumi memang sudah terlalu tua. dan dia capek di-kerjain manusia2 yang lama- kelamaan makin gak beradab! manusia-manusia di bumi ini mungkin banyak yang belum sadar, kalo ada hal yang lebih mengancam di bandingkan terorisme atau perang rebutan minyak! Pemanasan Global gak bisa menunggu! Sekarang sedang dan akan terjadi.

hmm…daripada ngomong terus…ini nee…langkah2 kecil yang mungkin bisa sedikit membantu dan sekarang juga sedang coba aku lakuin (ingat 3M-nya Aa` Gym..heheheh…mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, mulai dari sekarang):

1. Jadi Vegetarian.
Ini seeh katanya stiker ‘global warming’ di motornya Xafe. Katanya, dengan kita memulai hidup vegetarian , berarti kita ikut mengurangi kadar CO2 di bumi yang ikut menyumbang efek rumah kaca yang terjadi. jadi…biar tambah sehat, murah dan ikut memelihara bumi…ayo mulai jadi vegetarian..:) susah? ya….sedikit2 dicoba…kalo pas pesen mie ayam, minta ama abangnya gak usah dikasih ayam sama mie, cukup sawinya aja (hahaahhahahaha:p). makan di Waroeng stik, gak usah pake steak, cukup makan tepung, sama sayur2an-nya aja (wekekekekkekk:p). makan bakso, cukup seledri dan kuahnya aja…(wakkakakakak:p).

2. Kurangi naik Motor
Wah…ini ni men yang susah! masak kemana2 jalan kaki?? eeits…ya bukan gitu maksudnya. mulailah mengurangi kebiasaan naik motor ketempat2 yang dekat. masak ke warung sebelah harus ngeluarin motor? kan boros bensin! coba deh jalan kaki, ato naik sepeda (kaya’ bang Pramur itu lho..:p). tau gak bro, kendaraan bermotor penyumbang terbesar zat yang menyuburkan efek rumah kaca yang bikin ozon kita menipis. emang mau, anak cucu kita di masa depan nanti terpanggang hidup2 karna ulah kita di masa sekarang? Lagian kata iklan susu kalsium, kita dianjurkan berjalan kaki minimal 10.000 langkah perhari!

3. kurangi pemakaian : Kresek..Plastik…steriofom (tulisannya yang bener gimana sih?)
jadi inget tugas bahasa Indonesia jaman SMA dulu. aku ngambil tema perbandingan penggunaan tas plastik di Indonesia dan di Belanda. Di indonesia, apa2 diplastikin. beli bolpen satu biji dikasih palstik, di supermarket plastiknya dobel (katanya biar kuat palstiknya), wajah aja di palstikin (hehehe…maksudnya operasi plastik, wekekekekekk:p) Tahu gak, di Belanda Sono, orang ogah pake kresek alias tas palstik, selain boros, makan tempat dan cenderung bikin sampah, pemerintah sana menganjurkan pake tas kertas atau dedaunan untuk membungkus barang2. jika dibuang, plastik dan semacamnya lebih sulit di uraikan kembali ketimbang bahan2 alami. bahkan di Amerika, orang belanja tapi gak mau pake tas palstik dapat bonus 5 sen dari tiap tas plastik yang dikembalikan. (jadi terinspirasi jualan tas kresek di amerika sana….20 kresek dapet 1 dolar…200 kresek dapat 10 dolar, heeheheheheh:p)

4. Mulai tanam tanam2an di sekitar anda
na…ini ni yang seru! ternyata setelah aku coba, kesibukan berkebun selain membantu mengurangi pemanasan global dan lokal (maksudnya di kamar kita jadi gak panas2 amat gitu…:p) juga bisa jadi sarana ngilangin stress lho….apalagi buat orang2 yang kerjaannya di depan komputeeer mlulu….dengan ngliat tanaman mata jadi seger!
kalo kerepotan ama tetek bengek tanah, pupuk dan sebagainya, sekarang sudah mulai ada tanaman pake media arang, batu, ato gell. hmm..bisa jadi alternatif yang seru juga kan?

5. Banyak2 berdoa.
na, ini juga yang paling penting pren. jangan2 global warming awal dari kiamatnya dunia.  kayak di film ice age itu lho. ya…kan dulu dinosaurus punah juga gara2 global warming (cuman, dulu penyebabnya gara2 ada meteor yang menabrak bumi, yang menyebabkan suhu bumi jadi gak karuan). jadi, banyak2 berdoa lah….moga2 ozon kita masih bisa terselamatkan, moga2 manusia2 di bumi ini termasuk kita bisa cepet sadar atas kerusakan2 yang telah dilakukan di bumi ini, moga2 anak cucu kita nanti gak ngalamin kiamat yang sesungguhnya. amiin….

Stop Pemanasan Global! Save Our Earth!!!

5 thoughts on “Global Warming, Vegetarian dan tas Kresek

  1. Iye bener deh sip lah.

    Klo kita biarin aja 20 tahun lagi bumi kita bakalan tambah hancur dieksploitasi oleh manusia sendiri.. hiks hiks. Padahal kite kan pengen hidup sampe tua.. dengan nyaman di bumi ini. Masa nanti kita harus pindah ke pesawat luar angkasa!

    Styrofoam! Fi link ku salah tuh… >> liat sidebar

  2. ::artul
    wah…aku malah jadi pengen pindah ke pesawat luar angkasa, wekekekekekkekk:p

    ow…link-mu salah ya? yoi ntar tak benerin. sip!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s