Niat baik aja gak cukup

Sebenarnya, niatnya tadi mo bikin blog yang khusus bercerita hingar-bingar tentang KKN-ku. tapi….content-nya ketinggalan di pondokan, hiks..ya sudahlah, anggap aja yang ini sebagai pemanasan. yah..itung2 lari2 kecil..

berbicara soal niat, jadi tau sekarang rasanya KKN. “ooo KKN tu kayak gini to?” ” oo…Pusing2nya KKN kayak gini to?” atau…”oo gini to pemuda2 desa ..” ups! heheheh:p
jadi gini, sebelum penerjunan KKN, tim KKN kita (namanya PUSMER-Pucung Small and Medium Enterprises, diingat2 ya…:p) sudah menyiapkan konsep yang menurutku siip banget, pokoknya bener2 berniat mulia banget deh….jadi intinya KKN kita pengen membantu pemasaran produk2 kerajinan di Wukirsari Bantul. Lo tau Gak seeh ? :p di Wukirsari tu banyak banget dusun2 yang masyrakatnya pengrajin, yah..secara peninggalan kerajaan mataram islam gitu loh. pokoknya keren banget mereka, mulai dari pengrajin wayang (kulit), Batik (kemaren masuk MURI lho..), Bambu, sama satu lagi : industri genteng kripik (bukan kripik kentang lho!). sayangnya pasca reformasi dan bom bali, pemasaran mereka turun, dan berimbaslah ke penghasilan mereka sebagai pengrajin. nah..di sini kita pengen ngebantu.

tapi ternyata niat aja gak cukup. butuh perencanaan teknis yang matang. alih2 mau nambah program, lha wong program yang kita bawa aja gak kelar2. hiks….kendala kecil banyak, namun ternyata yang kata orang itu kendala kecil ternyata buat kita itu kendala berat banget..(ehehehe…belum pengalaman KKN seeh…:p). Contoh : minta tanda tangan pak Lurah dan Pak Camat. wuiihh itu bisa 2 hari sendiri, belum muter2 nyari pak Lurah kalo beliaunya gak ada di tempat, belum kalo ada salah penulisan..dsb…dsb…tapi ya, namanya juga tanggung jawab , dinikmati aja. atau proposal yang lebih banyak ditolaknya ketimbang diterima.
ada lagi, kalo pas lagi acara bimbel buat anak2…wuiih…gileee bener…ternyta anak2nya ganas2…hehehe…maksudnya agresif banget…bagus seeh, tapi…capek deh!!, misalnya aja mereka nanya satu hal kecil..
anak A : mbak KKN, lagi bikin apa?
Qt : lagi bikin ketrampilan tas kertas.
anak A : ketrampilan itu apa?
Qt : apa ya? mm..bikin2 kerajinan gitu…
anak A : Kerajinan itu apa?
Qt : apa ya? kerajinan itu…bikin2 barang dari bahan yang sederhana.
anak A : kue ya??
Qt : bukan kue…
anak A : katanya tadi bahan..
Qt : (menangis di dalam hati)
belum lagi, masalah komunikasi yang bikin kita terkekek-kekek…contoh :
” mbak KKN , aku punya temen namanya Yudha, rumahnya tu sandinge rumahnya viki”
atau
” mbak KKN, tadi aku jalan2 keliling kampung, eh….aku kaget tiba2 njedule sampai sini”
atau
” eh…mbak…liat deh, jarane bagus banget ya…” atau “mbak-mbak, aku mau bilang sesuatu, bener deh aku gak ngapusi kok”

hehehe….

tapi, kadang tiap kali ada kendala..misal…gak dapet dana, atau program terpaksa ganti…hmm..seringnya seeh dibawa nangis..huaaa….
beruntung, aku punya teman2 yang selalu menyemangati…sering juga seeh ampe dimarah2in ma temen2 (ampun pe….ampun ndra…ampun dend)..tapi, marahnya temen2 juga buat keberhasilan KKN kita juga.

intinya, niat aja gak cukup. butuh kerja keras dan pengorbanan. bahkan kalo perlu ampe menangis2 darah (berlebihaaaan….)

no sacrifice, no victory !!! (kapten Witchwicky, Transformer)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s