whuaa…arus bolak-balik….

gak ada 10 menit yang lalu, aku baru aja pulang dari ngajar privat anak sma kelas 3. mata pelajarannya fisika (buseet…padahal mata kuliah fisika dasarku dapet C :p, berani2nya ngajar privat fisika…heheheh). sebenarnya bukan hal yang luar biasa seeh. jadi luar biasa karna baru kali ini aku jadi tentor dan….tertiduuuur!!!! hahahaha/….malu2in banget seeh…

ceritanya, sepulang dari kampus gak kayak biasanya hari ini capeeek banget. pulang dalam keadaan hujan, dingin, makan, sholat dan langsung berangkat ngajar. datang2 , adeknya dengan semangat 45 menyodorkan beberapa buku fisika plus satu Lks soal2 yang masih bersih alias belom dikerjain satupun. buseeet…..karna hari ini rada males, aku cuman bilang…”kan dah mo ujian to? yang belum paham aja…bab apa??”

dengan sedikit bingung karna sepertinya adiknya pengen bilang…”semua bab mbak!” , akhirnya dia memutuskan juga sebuah bab yang membuatku tiba2 menghitam, gatal2, berkunang2 dan kehilangan arah hidup….yaitu bab….”arus bolak-balik“…fiiuhh,…mantaf!!! bab ini yang membuatku harus mengulang fisika dasar di semester ini…!!!

dengan sedikit ngarang dan penuh diplomatis aku menjelaskan bagian demi bagian. meskipun gak jago2 amat, toh aku masih paham kok…impedansi…induktor…radian….reaktansi induksi ..pokoknya istilah2 yang bikin perut mual…:p…

sukses di halaman pertama dari bab itu, aku membalik kertas dengan mantafnya…dan..oW..ow..dua halaman berikutnya penuh rumus semua…buseeet…ini anak SMA atao anak kuliahan ya?? rumusnya banyak amat…akhirnya karna khawatir makin menyesatkan ,aku suruh aja adeknya buat ngerjain soal2…dan ditengah2 adeknya ngerjain soal…tiba2 aku kehilangan kesadaran alias…tertidur dengan pulasnya…

entah mimpi apa, tiba2 sayup2 terdengar suara adeknya dengan sedikit berteriak…’ini frekuensinya pake yang mana mbak??? mbak…mbak??? ”

jeglek…aku cuman bisa mringis di depan adeknya sambil mengeluarkan suara tawa gak jelas…hi..hi..hi…

intinya ; aku cuman mau ngritik kurikulum pelajaran buat anak sma. bayangpun, untuk satu bab yang bernama “arus bolak-balik” rumusnya sebanyak kutu di lautan (emang dilautan ada kutunya po fi??). apa ya yang bikin kurikulum tu memperkirakan seorang siswa sma bakaln menguasai itu bab?? menurutku terlalu banyak dan terlalu mendalam. mending untuk masing2 bab jangan dibahas terlalu dalam, yang penting dasar2nya nyampe ke siswa. gila aja…tiap buka buku paketnya udah ada penurunan rumus dari integral2 gak jelas gitu…apa ya anak sma ada yang mau ngerti.?? mungkin ada, tapi kan gak semua..lagian jumlah yang ‘ada’ pastilah lebih sedikit dari pada yang ‘gak semua’.

so….buat para pemegang kebijakan kurikulum..mbok yao dipikirkan lagi kalo mau bikin kurikulum….

*zzz….zzz….* –> tertidur lagi

12 thoughts on “whuaa…arus bolak-balik….

  1. Halah,,, kamu kok mengkritik kurikulum,,
    Pak Habibie udah ngomong dari tahun2004 dl,,, tp ya tetep aja kurikulum kita semakin ngawur..
    Jangankan kamu!!! Pak habibie aja yang seorang Profesor mantan Presiden gak digubris kok!!!!!

  2. Assalaamu’alaikum
    Fisika dasar saya dahulu dapet A. Satu dari sebagian kecil yang bisa dapet nilai bagus di jaman itu. Alhamdulillah, akhirnya ada hal2 yang saya lebih unggul daripada Anda. (Selain warna kulit tentu saja! ***ngakak sambil megang perut )

    Mbok ya tidurmu dikurangi sedikit2. Agama ini butuh ummat tangguh yang ga gampang capek (***sok serius). Minum vitamin tiap hari. Tidur yang bagus bukan yang lama, tapi yang efektif. Kabarnya (aku tau dari si Budi), tentara-tentara kita bisa tidur dalam waktu 5 menit di sela-sela latihan… dan kembali segar! Eh, iya ding.. kamu kan bukan tentara, tapi gerilyawan Timor Leste! :))

    Wassalaam.
    __bowo;

  3. Emang kurikulumnya Indonesia parah…

    Waktu kelas 1 nggak bisa ngerjain soal Fisika, coz belum diajari trigonometri & vektor (mekanika kan butuh itu)

    Waktu kelas 2 nggak bia ngerjain Fisika lagi, coz belum dapet turunan ma integral (persamaan gerak)

    Waktu kelas 3 nggak paham, coz pembuktiannya pakai kalkulus yang aneh-aneh… integral dengan bundaran di tengahnya, apa pula itu…

    Baru paham fisika pas materi matematika udah selesai semua, setelah 3 tahun nggak pernah lepas dari nilai 6, akhirnya ujian akhir Fisika dapet 10,00… Puas deh

  4. ::aday…
    ah dya..kamu kayak gak tau aja kalo negeri kita ini suka kebolak-balik…yang presiden aja gak didengar..siapa tau yang bukan siapa2 didengerin …ya toh….??
    *bermimpi…..:p*

    ::adhijogja
    mm…jadi enaknya caranya kayak gimana ya?? ato kayak di film “school of rock” kali ya…..:p

    ::__bowo
    kamu lupa ya bo>?? warna kulit kita kan sama….*hidung memanjang….*
    barusan aku di tes sama si Angga…soal kualitas tidur gara2 pas kuliah web tadi aku sempat hampir tidur pulas…hasilnya nilaiku 15 dari range 0 – 24..(0 sangat bagus…24 sangat buruk..) . hampir mendekati nilai 16 (nilai 16-24 disarankan pergi ke dokter atau psikiater…) padahal kayaknya tidurku cukup dan berkualitas lho…apa yang salah ya????? atau jangan2 aku ditakdirkan untuk banyak tidur..HAHAHHAHAHHA *sambil bertolak pinggang* –> dasar orang Indonesia!!!!!

    ::ardianto
    ujian dapet 10??? ck..ck..kalo aku yang ngalamin..aku ogah kuliah lagi….udah pinter seeh rasanya…:p

  5. Aku dapet C. Makanya sirik juga tuh pas giliran wisudaku ada anak Fisika yang punya IP 3,8.
    Kok bisa tertidur fi…jangan” dimana” kalo lagi pengen tidur, kamu langsung tidur Fie..

  6. Numpang,,,
    Mak, sbenernya rumus” arus bolak-balik tuh gak susah” amat c,, banyak c emang, tapix rumusnya sama” aj,, klo diliat dari grafiknya, jd gamnpang ngerti n apal koq,,,

    hehe, gi blajar ArusbolakBalik ni,,,

    ———anaksmakelas12————-

  7. ::Dekisugi
    dapet D?? mm..gak papa seeh, transkip nilai kita jadi lebih berwarna warni…:D

    ::Friend
    IP 3,8? ck..ck….ngeri2….
    tidur adalah nama tengahku..hahahahhahahahaha

    ::dna
    wadueh…dibaca ma anak sma…maluuu
    *dek..dek…jangan bilang2 kalo saya tentor yg suka tidur ya…bisa2 turun pasaran..hahahahah*😉

  8. bener tuh saya juga ngajar les untuk level sd sp sma pelajaran ipa dan fisika….
    kalo saya ngeliat pelajaran fisika pas smp sama sma bedanya jauh banget…pas smp masih dasar banget pas sma langsung dalem banget…
    emang sih maksudnya pemerintah bikinn kurikulum kayak gitu emang bagus….
    tapi kayaknya kurikulum itu memberatkan siswa dan antara matapelajaran yang satu dengan yang lain ga matching…

    contohnya aja di kelas 11 pelajaran persamaan gerak tentang menurunkan dan mengintegralkan persamaan posisi, kecepatan dan percepatan tuh ada di semester satu, sementara siswa baru belajar integral di kelas 3 SMA itupun kalo masuk IPA…..

    trus di kelas 10 semester 1 pelajaran tentang vektor kan membutuhkan analisa trigonometri untuk memproyeksikan vektor ke arah sumbu x dan sumbu y…nha mereka tuh dapet pelajaran trigonometri baru ada disemester 2….

    aneh nih……..

  9. hehe.. entah kenapa setelah baca tulisan ini jd pengen comment.. numpang y, Po!

    Fisika emang susah sih, tp kalo dah paham pasti bahagia bgt tiap selesai ngerjain soal yg sulit *not based on my experience :D*

    Belum pernah liat2 isi buka fisika ana SMA skr sih, tp emang sesulit itu ya? Hm,, jd ragu ney mo mulai buat jd guru private.. takut ketidiuran, eh maksudnya takut gak bisa ksh solusi ke adek2-nya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s