install ubuntu 8.10

sekali2, ngepost yang rada bermutu dikit. biar udah basi, tapi karna baru aja dilakukan…hangat-hangat tahi ayam gitu deeh..so, aku tulis disini aja.

pengumuman : SAYA BARU PERTAMA KALI INSTALL UBUNTU😀 memalukan??? biarin aja!!! weeek!!!

heheheh😀

yak-yak-yak…sebelum dimulai, saya mau cerita dikit dulu, kenapa akhirnya saya memberanikan diri install linux? karena saya sebenarnya ingin beralih ke open source, sudah terlalu sering ngebacak terpaksa. yup!! TERPAKSA. hehehe. ceritanya, salah satu senior saya di kantor baru aja beli laptop baru. beliau ini adalah seseorang yang sangat taat peraturan, menjunjung tinggi moral bangsa dan tata susila. jadi, bagi nya, membajak adalah sesuatu kejahatan, kecuali jika terpaksa dan tidak ada cara lain. ibarat kita di hutan, cuman ketemu babi hutan, pdahal lapar. ya..bolehlah babi hutan itu makan kita, eh, kebalik, ya bolehlah kita makan babi hutan itu.

jadi, intinya dia ingin beralih ke linux, yang katanya opensource dan halalan toyyiban untuk diinstal, gak pake bayar2 dan yang penting, gak bakal dicatat sebagai amal kejahatan di yaumul hisab nanti….

berhubung, yang mengrusi segala tetek bengek tentang masalh2 perkomputeran di kantor adalah saya, maka ditunjuklah diriku nan maniez ini untuk mengeksekusi niat baiknya.

“fi, installin ubuntu ya…”

“oke mas….” (dalam hati : deuuh..kagak pernah megang ubuntu nih, eh, pernah seeh , megang cd-nya waktu dikasih ama windi)

oke2…mulai browsing, download ubuntu 8.10 Intrepid Ibex. akhirnya nemu, lewat mirrornya di UGM. itupun yang dowloadin masnya, hahahhaha. oke, sudah mulai masuk teknis neeh, bagi yang mau nyoba juga silahkan diteruskan mbacanya..:D

1. setelah download file *.iso nya, segera bikin cd booting pake nero. tadinya bagian ini aku gak mudeng, karna disuruh ngeburn-nya, nge-burn image. tapi ya sudahlah nurut saja sama afia, mentorku selama install ubuntu. eh, ternyata bener bisa…siiip

2. habis itu seperti biasa, set booting pertama lewat BIOS. oia, aku nyoba installnya dalam kondisi sudah ada windowsnya.

3. ikutin petunjuknya, next2 aja gitu…..

4. ketika sampe pada partisi harddisk (kayak ada pipa2 gitu…kalo menurutku seeh lebih mirip gambar cacing daripada gambar pipa :p), pilih yang manual. awalnya sempet bingung karna saya gak tau, mana disk yang isinya windows mana yang masih kosong, tapi setelah googling2..dan dapat tutorial dari afia, akhirnya tau deh. nah, silahkan tentukan swap dan root-nya. swap gedenya dua kali ram, kalo root ya secukupnya aja….

5. next-next- dan…viola…hehehe, berhasil akhirnya😀

intrepid-ibex

thx to afia yang udah banyak ngebantu…

10 thoughts on “install ubuntu 8.10

  1. horeee horeee ubuntu maniaaaa😀

    btw.. la iku mau wes ana windows e laptop e? sik asli udu?

    go ubuntu go ubuntu😀

    p.s. fi, sing bener voila dudu viola

  2. ::septo
    weh..iyo, insya Allah windowse asli…hehehe..
    viola..ncen arep nulis viola, kepnjangan dari “vi..ola..ileng..” (fi, tidak hitam-red)😀

    ::han2cute
    hahahahaa….install dewe jebul ra angel2 bgt kok han…cobalah…

  3. ::tata
    aku jane luwih ra dong

    ::Parus
    opo pras??😀 *clingak-clinguk*

    ::sangprabo
    gak tau juga bo..sumpah..itu apaan ya??? aku cuman install cd tulisannya ubuntu.
    *nelen ludah*

Leave a Reply

