apa daya tetep nyasar juga

“kapan2 ke kosku fie..”

Begitu kata tata, pas kita chattingan. ada rasa rindu menyeruak (duuiileee bahasanya fie….). maklum, saya-tata– dan sita punya ritual kalo lagi ada yang Bete, kami suka kumpul dan nangis2 bombay, biasalah , wanita😀 dan setelah itu biasanya kami suka pergi keluar bareng, entah makan, jalan-jalan gak jelas, ngukur jalan (kami bawa penggaris ), atau sekedar ngabisin bensin yang ada di motor.

Dulu, waktu masih kuliah, tempat favoritku dan sita adalah Imogiri, Bantul, Jogja. tempat kami KKN dulu. kami suka kesana  pas hari senin atau kamis. bukan apa2 seeh, kami punya tempat favorit buat buka puasa. jam 4 berangkat dari jogja, biasanya mampir dulu ke galeri kerajinannya pak Riyadi, lihat2 souvenir sambil melepas kangen setelah KKN. habis itu pas magrib kami meluncur ke pojokan kecamatan, disana ada burjo enak. hehehe, entah kenapa rasanya beda dengan burjo-burjo yang pernah kami coba. selesai satu mangkok bubur kajang ijo, kami sholat di masjid deket sawah deket kecamatan. trus…menuju ke tempat pemberhentian utama…mides, alias mi ndeso. buat yang belum tau…mmm…patut dicoba, kuliner yang satu ini kagak ada duanya. satu2nya mie yang menurutku paling enak sedunia!!!😀

Kembali ke atas😀 . tawaran tata , tiba2 langsung kuiyakan. oke ta, aku ke kosmu ntar sore . padahal, belum genap sebulan di jakrta, sok-sokan mau berangkat sendirian. tata njelasin rute yang mesti kutempuh. kosku di tebet, sementara kosnya di setiabudi, daerah kuningan. rutenya simpel : dari kosku, naek 68 ampe cawang, naik kereta dari cawang, turun gondangdia, naek kopaja p20. oke! siap! mumpung lagi bete, suntuk, setelah paginya nyasar2 naek kereta, gak ada salahnya melepas penat , nginep di tempat tata. ya itung2 biar tau jalan di jakarta.

Sorenya, aku pamit sama linda, temen satu kosan. agak gak enak juga seh, udah dari sabtu, linda tidur sendirian di kosan, hehehe. linda sempet khawatir aku pergi sendirian, secara paginya aku udah nyasar2. pesannya cuman satu, “ati2 fi, jangan nyasar lagi”.

Jam 17.00 aku pamit ke kak arin, seniorku di kantor, untuk pulang duluan. karna, biasanya temen2 pada pulang jam 9, jam 10, jam 11, jam 12 malam atau…jam 4 pagi. :D  buru2 aku balik kos dan beres2, masukin baju ke tas ransel, dan segera jalan ke depan Millenia, nungguin bus 68. bener2 udah kayak manusia bingung, bag-packeran sendirian.  baru mau naik bus, tata sms, “jangan lupa turun di gondangdia, ntar aku di pintu keluar, jangan ngalamun ya, ntar nyasar!“.

cepat2 kubalas, “sante ta, aku kan tadi pagi nyasarnya ke gondangdia, jadi pasti gak bakal nyasar lagi...”

Nyampe di cawang lagi. kali ini arah yang kuambil, jakarta. Peron yang arah jakarta sepi, sementara jalur di seberangku, kumpulan2 manusia, seolah2 siap menerkan setiap kereta jurusan bogor atau depok yang lewat. maklum, tipe nya sama : rumah di depak atau bogor, kerja di jakarta, alhasil tiap jam 17.00 jalur yang menuju bogor atau depok gak mungkin gak penuh,…penuh buuaaaangeet!!!. aku duduk sendirian, menunggu, lagi di bangku besi karatan, kali ini warnanya oranye. belum ada 10 menit ku duduk, kereta ekonomi sudah datang. setengah malas, ku seret kakiku, masuk , lagi ke KRL yang gelap. tetap :sembari melamun, menerawang….tak tau jiwaku ada dimana saat itu.

begitu kereta menanjak, aku buru2 siap di pintu keluar, tadi pagi yang kuingat cuma satu, STasiun Gondangdia posisinya di atas, berwarna kuning. Deru kereta melambat, nah..bener kan, stasiun diatas dan berwarna kuning. oke , turun.

tak sabar menemui tata, aku turun tangga stasiun cepat. clingak-clinguk di pintu keluar…kok tata blom ada, ah mungkin masih di angkot. 10 menit…20 menit…setengah jam…gak sabar, aku telepon tata. gak diangkat. ah, berarti dia di jalan. tiba2 tata telpon,

“kamu dimana?”

“aku di seberang BCA ta, ada carefournya, ada McDnya…”

“BCA?? carefour??? kamu di CIkini ya? bukan di Gondangdia tuh…stasiunya emang mirip…”

waduh….cikini?? mana lagi tuh. hahaha..ya-ya-ya..saya nyasar lagi. di jakarta.sendirian, diantara abang2 ojek. deeuh..udah kebayang yang aneh2…baca ayat kursi, alfatehah, apapun yang bisa dibaca😀 hahahaa

pelajaran moral nomor dua : hafalkan urutkan stasiun, kalo perlu dibikin jembatan keledainya biar cepet hafal. dan jangan pernah melamun di kereta..haram hukumnya…

fiiiuh, berdasar komando dari tata, aku  suruh naek bajai aja ke gondangdia. oke ta, naek bajaj.

“bajaj berapa bang ke gondangdia?”

“10 ya..”

” 7 deh..”

“tambah seribu, 8 ya!”

oke. aku naik.

diatas bajaj. ngitung2 duit receh..heee..cuman ada 7700. waduh.

begitu turun di gondangdia..“bang, duitnya kurang 300 perak neeh..”😀

si abang nyengir gak ikhlas..“yaudah deh gak papa neng!”

thx God…udah ngebayangin mau dimaki2 abang bajaj-nya… hehehe

dan..bertemulah saya dengan tata. kangen, melepas rindu..sambil menyusuri gelapnya jakarta yang (masih) berisik.

6 thoughts on “apa daya tetep nyasar juga

  1. Wajar lah tant, dikau kan selama di afrika bergumul dengan semak belukar dan padang rumput yang luas.. Pasti jika sedang di tengah hutan pun engkau tau jalan pulang.. Nah ini kan di kota, sadarilah keterbatasanmu Tant.

  2. ::::Tata
    ayok…mlaku2 sengojo nyasar wae…😀

    ::::penjahat cupu
    hehehehe…baik pak guru…

    ::::afia
    seru??? wahana baru dufan : nyasar sendirian di jakarta

    ::::wi2d
    sopo wid?? *tengok kanan kiri*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s