Apa Hukum Bermain Texas Holdem Poker Dalam Islam?

Menilik blog kawan sebelah.. tentang apa sih hukumnya maen game poker online…

telisik punya telisik saya agak sulit menemukan jawabannya. Pun saya sudah bertanya pada Bapak, tapi tetap saja kok masih ada yang ngeganjel, soalnya yaa permasalahan kontemporer, agak susah mencari refernsi sumbernya.

kebetulan saya ada sepupu yang sedang menyelesaikan kuliah di Tanah Arab sana, hehe. langsung saja saya tanya ke dia, secara masih muda dan kuliah di tanah arab, pasti jawabanya mantab!

brikut jawaban sepupu saya…

mba, sementara kujawab dengan singkat dulu ya… masih cari2 bahan lagi buat melengkapi, tapi insya Allah sudah bisa ambil kesimpulan sementara.
1. ulama tidak berbeda pendapat dalam hukum permainan yang ada unsur judinya. mereka hanya berbeda, ketika tidak ada taruhan

pertama, dalam hukum poker sendiri ada sebagian ulama bilang, baik dengan betting ataupun tidak tetap adalah gambling. artinya diharamkan, walaupun itu cuma main-main (tanpa taruhan).

pendapat yang memakruhkan permainan kartu, dadu, dsb. tanpa taruhan, adalah pendapat asy-Syaukani.

2. untuk jual beli chip poker, karena masuk dalam perkara syubhat, maka biasanya akan ada dua pendapat, pertama adalah pendapat hati-hati, yang kedua pendapat lunak.

pendapat yang hati-hati akan bilang haram sedangkan pendapat yang lunak, akan bilang sangat makruh.

wallahu a’lamu bishshowab.

*thx to dek Niam yang sudah meluangkan waktu buat nyari2 jawabanya hehehehe….🙂

7 thoughts on “Apa Hukum Bermain Texas Holdem Poker Dalam Islam?

  1. wah, ini harus segera saya berikan link ke raja poker si bobi, sudah sampe tarap jual-beli dia =))
    chip… chip… chip….

  2. @mas Joe
    boleh2… tulis saja mas Joe, bisa sms, message FB, email, atau reply comment ini sahaja. Insya Allah kalau sempat dan Allah mengijinkan akan saya tampung pertanyaanya dan saya sampaikan ke ahlinya.. :p

    @Septo
    wuahahahah bobi maen juga..ck..ck..ck.. si Bo sudah tobat tu sepertinya..katanya menggiurkan tapi tidak menentramkan hati..kira2 begitu kesimpulannya :p

  3. kalo bisa kepada para pembuat jaringan ini khusus di indonesia agar permainan tersebut di batasin,,,atau di blokir….aj

  4. sebenarnya secara hati nurani kalau mau jujur, hanya utk bermain aja ada sedikit ganjalan.. semoga Allah menyadarkan orang-orang yg mungkin ‘tertarik’ utk bermain permainan tsb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s