Suka-Relawan untuk Jogja ^^

Akhir-akhir ini tiap kali bisa onlen (bukan pake HP) tujuan utama adalah ngebuka milis dan twitter, mantau keadaan Jogja. di Twitter update an bisa tiap detik, bisa tau pos2 pengungsian mana aja yang lagi butuh bantuan logistik, semisal nasi bungkus, dan barang-barang lain. Kalo di Milis, ada Milis SP2MP Jogja (pelatihan di UGM yang sempat saya ikuti setahun) yang juga ngasih-ngasih info seputar keadaan Jogja terbaru. Barusan saya baca salah satu email dari chiel, adek angkatan di ilkomp dan SP2MP. ada kutipan yang kemudian membuat saya kembali mengingat tahun 2006, dimana tahun itu adalah tahun di mana Jogja mengalami Gempa dahsyat.

Mo sekedar sharing aja…
Kejadian sekarang hampir sama dengan kejadian 4 tahun yang lalu, setelah gempa bumi di Bantul itu. Waktu itu, kegiatan akademik juga di liburkan satu minggu. Kalo d fakultas saya, ehmm, MIPA, pas minggu tenang menjelang ujian akhir semester. Minggu tenangnya menjadi 2 minggu…
Nah, saat itu saya juga bingung, mo pulang kampung ato ga, secara temen2 yang rumahnya deket juga pada di panggil orang tuanya untuk pulang ke rumah. Pas saya cerita sama salah seorang temen, dengan bijaknya beliau ngomong gini,
Yo… nek kuwe merasa dibutuhkan di sini yo ra usah muleh. Tapi nek merasa ga berguna yo mulehen kono….” (Satrianto, 2006)
Intinya, saat itu adalah pilihan moral bagi saya. Kalo saya merasa ga dibutuhkan di tengah hiruk pikuknya penanganan bencana, maka silakan saja kalo saya mau pulang. Tapi kalo merasa ada yang bisa saya lakukan di DjoKja, lebih baik saya tetap tinggal.

Saya ingat betul ketika bersama teman-teman Himakom kami sempat menikmati kegiatan menjadi relawan dadakan, mendistribusikan nasi bungkus, kotak supermi, sampai pakaian dari satu pos pengungsian ke pos pengungsian yang lain. Pagi sampai malam, hujan atu terik. Bahkan saya ingat betul, kami sampai angkut2 batu bata dan ikut menggempur rumah yang hampir roboh, masih bersama kawan-kawan Himakom. ah, kenangan itu.  Saya jadi pengen balik ke Jogja sekarang. Pasti kawan-kawan mahasiswa juga sedang menikmati hari-hari menjadi relawan, bersibuk ria melayani pengungsi. Perasaan yang campur aduk, antara sedih, semangat, bahagia dan miris. Perasaan yang Unik!😆

sampe ada yang bikin form relawan segala, hehe. semoga bisa membantu. bisa dilihat di sini.

Semangat Teman2 di Jogja😀

di Jogja saat ini sedang ada gerakan nasi bungkus juga, dimana tiap rumah/orang bisa menyediakan 3 nasi bungkus untuk dikumpulkan di pos2 tertentu pada pagi hari untuk kemudian di distribusikan ke pengungsian. Untuk yang diluar kota, mungkin bisa kontak ke CP nya semisal pengen langsung transfer dana/bantuan lain. Posko pengumpulan nasi bungkus dan dapur umum ada di * :

1. Posko Pengumpulan Nasi Bungkus : Hijau Cafe Jl.Kaliurang KM5, info bisa ke akhmadsubroto@yahoo.com

2. Dapur umum di Jalan Taman Siswa No 150 F, Yogyakarta, Resto De Nani

3. dapur umum  di sebelah utara Kampus Fakultas Hukum UII atau di belakang STSRD ADVY, kontak 0274-9272277

4. dapur umum Jalan Jembatan Merah, Gejayan, Yogyakarta. Informasi :  Ratih di 0811250577.

5. Perum Soka asri permai L-16Kadisoka Purwomartani sebelah timur stadion Maguwo. rekan-rekan yang mau berbagi kami siap menampung, dapat mengirimkan bahan baku atau jadi, atau yang jauh dapat transfer uang.  no rekening hanya kami berikan untuk yg akan menyumbang. silahkan konfirmasi via email nhidayat2003@yahoo.com

*sumber : Milis 6 che, Kompas.com, Milis SP2MP. Terima Kasih untuk rekan-rekan alumni 6 che atas infonya, rekan2 SP2MP juga. semangat ya!!🙂

2 thoughts on “Suka-Relawan untuk Jogja ^^

    • kayake memang ada sering melupakan banyak hal Mas Joe. Seingat saya yang bisa anda ingat dengan baik cuma gadis2 cantik *termasuk saya toh berarti?* dan utang orang2 ke anda…😆

Leave a Reply

