Gatal-Gatal Alergi Dingin >.<

Just After nengokin anaknya Rifki dan Ernest, temen saya satu angkatan di kantor. duh…lucu betul anaknya.. beneran deh..ngeliat anak mereka saya, Dita dan Mbak Ida sepakat… wanna a have a baby one day.. huhuhu secara imut sekaleeee ngliat para bayi-bayi di ruang isolasi. eh, saya bukan mau cerita soal ini, tapi soal alergi dingin saya.

Beberapa hari terakhir saya kena alergi dingin. Padahal setahu saya dari jaman saya lahir masih imut-imut ampe gede gini saya gak pernah kenal namanya alergi, kecuali alergi es krim (kalo sedikit) dan film bagus (kalo gak sempet nonton). Diluar dua hal itu, saya merasa sehat-sehat saja. Namun, sejak seminggu yang lalu entah kenapa tiap pulang kantor, badan saya gatal2 gak karuan. Saya pikir mandi saya yang gak bersih, atau saya berkeringat berlebihan. Well, tapi seharian saya kan kena AC terus di Kantor, udah gitu paling kena panas pas makan siang doang, itu pun jarang banget saya makan siang di luar, seringnya di meja, karena saya lebih milih tidur siang ketimbang makan (kalo pas lagi gak laper-laper amat). Lama-lama saya cuekin aja gatal-gatal itu. Saya pikir nanti juga sembuh sendiri. Hoooooh, ternyata tidak sodara-sodara, setiap kali pulang kantor yang ada saya garuk2, bentol2 merah besar dimana-mana. Saya bingung. dan baru tadi siang saya ngrasa gatal hebat di kantor. Deuh! ini pasti alergi dingin karna kena AC ini! T____T saya mulai googling (sory Doc, I think it`s better for searching it first at google.. heheheh😆 ) dan benar, semua simptomp alergi dingin yang menyebabkan gatal-gatal ada di saya. Saya menghela nafas sebentar membacanya. Dimulai dengan gatal-gatal dan panas dengan bentol merah bergaris tegas di tempat terjadinya alergi. Akan lebih parah apabila disertai dengan sesak nafas (well, saya ngetik ini sambil agak2 sesak nafas😆 sugesti kali ya :p ) cara ngobatinya memang paling sederhana dikasih lotion atau krim anti histamin, atau bisa juga dengan minum obat antihistamin.

Kenapa bisa gatal? well, reaksi gatal ini terjadi karena tubuh kita berusaha melawan dingin dengan mengluarkan zat yang namanya histmin. Karena produksi histamin ini pada beberapa orang berlebihan, maka timbulah reaksi gatal (eh sumpe looo guatel banget, disertai panas gituuu).

Lagi-lagi saya menghela nafas. Setahu saya dulu saya adalah manusia sehat. Makan apapun gak masalah, gak pernah ada masalah alergi, jerawat atau penyakit yang aneh2. Hmm, saya kemudian jadi menyalahkan Jakarta gara-gara ini😆 seharusnya saya tidak bisa memperlakukan diri saya secuek waktu kuliah dulu. Saya jadi inget kejadian di busway kemarin malam. Kebetulan saya pake kaos polkadot yang ada batas karetnya di bagian dada (semacam meniru baju orang hamil). Busway pas lagi penuh-penuhnya plus saya kecapekan menenteng barang dari siang. Alhasil wajah saya memang sedikit pucat. Tiba-tiba ada mas-mas bilang :”mbak..lagi hamil ya? saya carikan tempat duduk ya?”, orang sebusway mendadak ngliatin saya semua. Saya sontak kaget dan manjawab, ” haaaah?? nggak mas..saya gak hamil kok…” *adegan berikutnya adalah saya serius memandang perut dengan suram…dan bertekad mengurangi makan malam!!!!*😦

Ini Jakarta bung, yang asap kendaraanya bisa bikin anda yang tadinya sehat bugar menjadi mbengek nggak karuan, yang panasnya bisa bikin kulit anda mengalami penghiataman lebih cepat, yang udaranya bisa bikin anda gatal-gatal, yang makanan pinggir jalannya bisa bikin anda sakit perut seketika. Well, saya salah menjaga tubuh saya. Seharusnya saya makan lebih teratur, tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, seharusnya saya mengurangi makan fastfood dan begadang nongkrong sambil ngemil donat T__T, seharusnya saya lebih sering fitness di kantor, jalan kaki atau berenang tiap minggu. Seharusnya saya bisa mengurangi tingkat stress saya dengan curhat sehat sama temen.

Well, semua “seharusnya” itu harus saya Action-kan! hmmm *liat kalender*. Wahai para pembaca doakan saya ya!

Leave a Reply

