Packing

Everybody loves Packing. Err…maybet not all sih ya.. hehehe. Tapi paling nggak, packing adalah kegiatan menyenangkan. Karena itu menandakan kita akan memulai suatu perjalanan baru, berpindah tempat, dan terbayang kejadian apa saja yang bakal kita temui dalam perjalanan tersebut. Jaman kecil dulu, saya selalu bersemangat setiap kali mudik Lebaran ke rumah Mbahkung di Brebes. Saya bakal dengan sotoy nya menyiapkan baju-baju dan saya masukkan ke ransel sekolah saya. Meskipun pada akhirnya gak ada satupun baju yang saya siapkan, dibawa, karena ibu udah duluan ngeberesin. Hehehe.

Bagi saya Packing menyenangkan. Tapi sulit. Kenapa? karna, nyontek twitnya si Raditya Dika atau buku Travelingnya Windy Ariestanty, Packing itu jadi semacam memberi kasta buat pakaian-pakaian di lemari. Mana yang layak dibawa, mana yang layak ditinggal. Dan itu sangat sulit, sesulit saya makan tanpa Cabe atau menghabiskan hari tanpa nonton kartun. Sangat-sangat-sangat sulit.. :lol:  Dulu, saya terbiasa ngliat tuh model baju, gak ngliat fungsinya, masih oke gak warnanya, tapi dasar saya buta fashion, pas ada pergi ke Bandung di musim hujan, saya malah sama sekali gak bawa baju hangat. Akibatnya? yes, masuk angin dan musti sempet2in cari jaket tebel -___-“.

Saya gak pinter packing. Yes. Totally. Tanya deh si Dita sama Mbak Ida, teman satu kamar jaman di Asrama dulu. Tiap kali ada trip, bawaan saya segede gaban. Saya masih belum bisa menentukan mana yang penting di bawa mana yang nggak. Berbeda dengan Dita yang lebih jago packing. Sumpeh deh, dia jago betul packing kebutuhan 5 hari 4 malam waktu kami ada pelatihan militer di Puncak, barang bawaan saya bisa 3 kali lipat barangnya Dita. Beruntung, dia bersedia me-re-packing kembali tas saya sambil ngajarin (baca:ngomelin) saya gimana cara packing yang baik dan benar sebelum berangkat. hehehehe. alhasil dari semula 3 tentengan yang mau dibawa sukses menyusut cuma 2 ransel.

Saya gak pinter packing, tapi saya suka. Ya itu tadi, karena Packing pertanda kita akan berpindah. Siapa sih yang suka lama-lama disuatu tempat atau lama-lama berada dalam satu keadaan yang sama, ada kalanya kita butuh menepi, pergi sejenak. Melihat dari jauh apa yang dulu kita lakukan, menyadari hal-hal yang terkadang tidak bisa kita lihat kala terlalu dekat bersentuhan. Packing sekaligus meng-otomatis-kan diri saya untuk berfikir hal apa yang akan saya bawa pulang. Makin kesini saya makin belajar untuk menyisakan ruang di tas atau koper, karena saya merasa harus membawa sesuatu yang baru. Oleh-oleh.😆 kalo pas packing sebelum  berangkat saja tas saya udah penuh, nanti saya dapat apa pas pulang? Sama hal nya dengan hati #eaaa

Hati ibarat tas atau ransel atau koper besar yang siap menampung apapun. Kemana kita pergi apakah kita masih bisa membawa “oleh-oleh” untuk kita masukan ke hati kita dan kita bawa pulang, atau justru hati kita udah penuh duluan, sehingga kita bahkan gak bisa bawa apapun. Untuk menyisakan ruang di hati, yes, we need to move the “unimportant” things dari hati kita. Layaknya baju-baju yang gak layak kita bawa. Masalahnya, apakah kita mau berepot-repot ria ngeberesin lagi? Kebiasaan buruk saya, setiap kali pulang dari trip, dan tau ada perjalanan berikutnya dalam waktu dekat, saya suka membiarkan saja tas dan koper saya itu. Bahkan beberapa tidak saya bongkar lagi, saya bawa lagi aja gitu (hahahaha, jangan ditiruu :lol:).

Tapi saya mau belajar, untuk sedikit berepot-repot ria membereskan hati saya untuk bisa menyisakan ruang baru. ya, namanya juga beberes, pasti repot atuh. Tapi kalo inget filosofi saya bahwa packing itu menyenangkan, mari kita coba membereskan hati dan menyiapkan untuk packing yang akan datang. hihihihi.

Welcome 2012!!🙂

3 thoughts on “Packing

Leave a Reply

