Sekarang : Rumah Cokelat

Hari ini nyuri-nyuri waktu karena gak tahan ngebaca novel Rumah-Cokelat nya Sitta Karina. Hehehehe. Tapinya ya, jadi memotivasi nyelesain kerjaan hari ini lebih cepet lho😀 tapi ya tetep aja, gak ada ceritanya enak ngebaca novel kalo pas lagi di kantor, yang enak itu ya pas lagi di kamar, leyeh-leyeh, sambil nyamil dan ndengerin music.

Satu komentar salah satu teman yang ngliat saya ngebaca tu novel, “waduh Fi.. gue ngebaca itu… aduuh udah deh..ntar lo tau sendiri. Bagus tapi!” ujarnya bersemangat tapi sambil mengereyitkan satu alisnya. “Apa karena ceritanya mirip2 kamu? Ibu muda pekerja yang masih punya anak kecil?” saya menebak. “Hahahahaha, gitu deeeh..lo baca aja ampe abis, makanya lo, buruan kawiiin” temen saya kemudian tertawa sambil berlalu. Aaarrgh, gini ni kalo lagi megang novel bagus. Serba salah, pengen cepet-cepet ngabisin baca…tapi gak pengen cepet2 selesai juga. Hahhahaha.

Hmm, well, tentang ibu pekerja. Beberapa saya sudah baca artikel atau ngedenger cerita tentang sosok tokoh si ibu pekerja ini. Seolah-olah, sungguh saya melihat masa depan saya di dalamnya😀 takut? Oh yes, sure! Tapi, ah, kawin juga belom, gak usah buru-buru parno dulu lah ya. Bagusnya, saya jadi bisa sedikit ngebayang2in apa jadinya nanti. Ibu muda, sibuk, kerja, yang anaknya ujung2nya dititipin si mbak pengasuh, atau lebih bagus kalo si nenek bisa ngejagain. But, wait, saya kerja dimana, rumah dimana. Huhuhuhuhu. Tak bisakah kantor pusat ini pindah saja ke Jogja. *hehehehehehe. Sempet ada kepikiran… resign, tapi niatan itu buru-buru dip rotes ortu di rumah. Ah, sudahlah, belum kejadian ini, hihihihi, agaknya belum perlu juga bersusah payah merencanakan antisipasi yang mungkin terjadi. Tapi, ni otak suka gatel ngebayang-bayangin, apa jadinya nanti kalo beneran suatu saat saya berkeluarga, tapi masih harus sibuk bekerja. Tidak kah suami saya kelak masih mengijinkan saya bekerja? Entahlah. Saya sih kalo boleh milih, pengennya ya nemenin anak aja ya… tapi, hahahahaa. Sekali lagi. Entah lah.

Dulu, Ibu saya bekerja. Saya ingat betul kesibukannya sebagai seorang ibu sekaligus mengurus ke-10 anaknya. 10? Yak, saya sepuluh bersaudara. Dan kalau saya ditanya dulu gimana rasanya? Well, ya. Menyenangkan. Saya merasa bahagia sewajarnya anak-anak. Main-main, dan  nakal sewajarnya anak-anak. Ibu saya pagi bekerja, mengajar waktu itu, pulang sekitar jam 4 sore, pas saya pulang juga. Tapi, Ibu seakan tak pernah berhenti bergerak. Pulang kerja, ngecek anak satu-satu sudah makan belum, terus lanjut mandi, sholat dan nyiapin makan malam. Menjelang Magrib beliau berdua dengan bapak sibuk ngoprak anak2nya buat ngaji, lepas isya, masih lanjut ngambilin jemuran, trus makan. Menjelang anak-anaknya tidur, beliau belum juga berhenti, masih menyeterika baju segunung. Mungkin sekitar tengah malam baru tidur. Jam 3 pagi beliau Bangun, nyuci pakaian dan nanak nasi (waktu itu belum punya rice cooker) dan lauk pagi buat anak-anaknya. Jam setengah 7 beliau berangkat. Begituuu aja tiap hari. Dan ibu termasuk wanita yang gak pengen anak-anaknya diurus orang lain. Seingat saya, ibu punya pembantu pas saya sudah SD, sebelum-sebelumnya gak punya. Itu juga gak bertahan lama, seingat saya begitu saya masuk SMP, ibu sudah tidak punya pembantu lagi. Hmm, kira-kira saya kuat gak ya bakal begitu -____-

Leave a Reply

