Jakarta disambut Banjir di Awal Tahun

Rabu Pagi, 16 Januari 2013, saya terbangun dengan agak malas. Apa pasal? hujan deras dari semalam tak berhenti. Bahkan suara hujan yang biasanya tidak terdengar dari kamar saya, pagi itu terdengar cukup kencang. Semacam air yang dituang dari baskom raksasa di langit. Saya mandi dan bersiap2 ke kantor. Karena hujan tak kunjung henti, saya memutuskan berjalan kaki bersandal jepit saja. Keluar kos banjir luar biasa lebat. baru 10 meter berjalan kaki, eng ing eng disambut genangan air sekitar 15 cm. hmmm angkat rok deh. berjalan lagi 20 meter, air makin naik 20-25 cm. Saya mulai ragu, mau putar arah cari jalan lain tapi kok udah nanggung posisinya. dibelakang saya berturut2 orang-orang ikut serta berjalan kaki ke arah yang sama, berbaur dengan mobil-mobil yang kebingungan karena genangan air di depan cukup mulai mengkhawatirkan.

Saya tetap berjalan, selang beberapa menit, “byur” laki-laki yang tadinya berjalan di samping saya mendadak hilang separoh. Kawan di belakangnya malah ketawa ngakak. eh lah, Masya Allah si mas-mas itu ternyata kejebur got di pinggir jalan.😆 saya bingung antara mau ketawa sama prihatin. Cuma bisa berdoa, semoga yang di dalem tas si mas itu bukanlah laptop. Karena sudah pasti bakal nangis kalo isinya laptop. Basah Jendral!!😆

Sampai di jalan depan, ternyata genangan malah tinggi. Hujan semakin deras serasa ada mobil pemadam kebakaran di awan. Saya bingung. Sementara jam sudah menunjukkan jam 07.30. Sudah pasti. Sudah pasti terlambat masuk kantor.

Sementara alat transportasi yang masih memungkinkan bergerak di genangan air macam ini adalah bajaj. Beruntung, ada bajaj mau berhenti untuk mengangkut saya. Abang Bajaj lalu semacam live report “Banjir neng, jakarta lumpuh ini. di sono setinggi ini *nunjuk lutut*, di sini yang kagak pernah banjir aja banjir neng”. Saya melongo. Mendadak ingat, sudah 2 tahun saya tinggal di Kwitang, tahun lalu memang gak ada ceritanya tuh banjir2 begini.Masya Allah…

Nyampe depan Gambir, nyali si abang bajaj ciut. Ogah lewat depan Gambir. Buat saya, Bajaj adalah alat transportasi paling berani yang pernah saya kenal. Karena cuma tukang bajaj dan Tuhan saja yang tahu kemana Bajaj akan berbelok. Maka jika abang bajaj aja sudah menyerah sama genangan di depan Gambir, ini pertanda bahaya. Jakarta Siaga 1!! dan.. benar… Nyampe kantor sepi. Belum ada yang datang. Nyalain tv kantor. eeh laaah Masya Allah.. Sudirman Banjir? Bunderan HI Banjir? satu persatu, rekan kantor datang. Mulailah berceloteh “perjuangan” nyampe kantor. Ada yang terpaksa parkir mobil di hotel tapi harus check in kamar, ampe jalan kaki dari stasiun Tanah Abang sampe Gambir. Ada juga beberapa kawan yang gagal nyampe kantor, akibat KRL dari Bogor malah berbalik kembali ke Bogor. ya Salam…

Tengah hari, broadcast kantor menyarankan pegawai untuk pulang ke rumah. Karena kondisi hujan deras dan banjir semakin tinggi. Alhamdulillah siang hujan berhenti dan saya memutuskan pulang jalan kaki ke kos. Sorenya saya dapat kabar dari Bowo yang lagi asik di Posko Pengungsian Banjir di Masjid At tahiriyah Kampung Melayu, ada 2 ribu pengungsi, masih butuh bantuan. Saya kontak teman2 @pagiberbagi #jkt untuk bergerak ke sana namun memang beberapa rekan terkendala banjir dan jalanan yang tidak memungkinkan. Beruntung Mas Antok, kawan saya, bersedia ikut nyalurin bantuan dari donatur @pagiberbagi. Terima Kasih para Donatur, mungkin belum cukup banyak yang bisa kami salurkan, tapi Insya Allah bermanfaat. Rencananya rekan @PagiBerbagi #jkt juga akan bergerak sore ini, 17 Januari 2013 ke Kampung Pulo, Kalibata dan wilayah lain, dan besok 18 Januari 2013 ke wilayah Matraman. Semangat Temans!

*apa itu @pagiberbagi ? sila follow twitter @pagiberbagi atau web http://www.pagiberbagi.com | fanpage FaceBook di PagiBerbagi dan PagiBerbagi Regional Jakarta.

Wilayah Kampung Melayu

Wilayah Kampung Melayu

Kondisi Pengungsian di Aula Masjid At Tahiriyyah Kampung Melayu

Kondisi Pengungsian di Aula Masjid At Tahiriyyah Kampung Melayu

Depan Posko Pengungsian

Depan Posko Pengungsian

Fly Over Kampung Melayu

Fly Over Kampung Melayu

Berikut nama PIC dan alamat posko MRI – ACT di Jabodetabek :

1.POSKO JAKARTA PUSAT , Nanang 089672844671

2.POSKO BENHIL, Joe 08128556227 / Yeki 085697069078
   Rusun Kalimati 2 Bendungan Hilir – Jakarta Pusat”

3.POSKO KARET, Azhari 083897303535
   Jl Karet Pasar Baru Barat II Rw 05,Jakarta pusat”

4.POSKO JAKARTA BARAT, Wahyu 021-92506280, 082124922289
   Jl Kedoya Raya RT 3/7 No 26 Jakbar”

5.POSKO RAWA BUAYA, Andi 0856743511
   Jl Zamrud RT 09 RW 10 No 60 Kelurahan Kapuk, Kec Cengkareng-Jakbar”

6.POSKO JAKARTA TIMUR, Sandy 081573751255
   RT 02/07 Kel Cililitan Kecil 3, Kramatjati”

7.POSKO BIDARA CINA, Sarah Dianisa 081286864748
   Jl Tanjung Lengkong RT 4/RW 7 No 19 Kelurahan Bidara Cina Jaktim”

8.POSKO JAKARTA UTARA, Dali 082124922289
   Jl Bendungan Melayu Utara Rt11/1, Kel Tugu Selatan, Kec Koja-Jakut”

9.POSKO Kampung Muka ANCOL, Salim 081380174141
   Mushola Al Ikhlas-Kp Muka RT 9/ RW 4 Blok A Kel Ancol”

10.POSKO II Kampung Muka Ancol, Priyanti 081380005095
     SDN 03 Ancol, Kp Muka RT 9/4 Blok B Ancol – Jakarta Utara”

11.POSKO JAKARTA SELATAN, Affan 081398971474
     Jl Mampang Prapatan No 8A, RT 06 RW 3, Mampang Prapatan- Jaksel”

12.POSKO PETOGOGAN, Jetah 085283520018
     Kelurahan petogogan, Jl. Wijaya 1 kel. Petogogan. Depan Klinik Sen Mery.
13.POSKO KEMANG, Afan 081398971474
     Jl Kemang Utara 9 RT 3/4 No 51, Kel Bangka Jaksel”

14. POSKO MAMPANG, Nanang 081314209889
     Jl. Mampang Raya Belakang Bank BRI.”

15. POSKO BANJIR BEKASI, Yusuf Ada’I 081283404310.. PIN 2950FE59
      Pesantren Embun D/A Bekasi Griya Asri 2 Blok C No 6, Ds Sumber Jaya, Tambun –      Bekasi”

16. POSKO BANJIR KARAWANG, Rafi 081222058244
      Jl Pemancingan Ajo Pintu Air, Desa Wadas – Karawang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s