Jalan-Jalan Pintar with @PagiBerbagi #JKT

Pada tahu dong.. komunitas @PagiBerbagi. Tau kan? kan? Tau ya? ya? ya? *maksa*😆 deuh..deuh.. belum tahu juga? ckckckc, gak gaul deh😛 yang belum tau apa itu komunitas @PagiBerbagi bisa cari tahu di web nya atau sila search PagiBerbagi di Facebook. Silakan klik-klik dan jelajahi apa itu @PagiBerbagi. Ya.. ya .. ya.. saya tahu ente males ngeklik, hehehehe…😆 yang males ngeklik saya ceritain deh, intinya sih @PagiBerbagi itu komunitas sosial yang berangkat dari bagi-bagi nasi bungkus di jalan. Kegiatan rutinnya adalah ngider sarapan sekali seminggu untuk para pekerja pagi hari yang hidupnya masih kekurangan, misalnya Penyapu Jalanan, Pemulung, Tukang Koran, dll. Yang perlu di garis bawahi target pembagian ini bukanlah pengemis ya, tapi mereka yang masih serba kekurangan namun berusaha untuk bekerja meski hasilnya belum cukup. Komunitas ini sendiri sudah berjalan selama hampir 1-2 tahun di beberapa kota, seperti Jakarta, Jogjakarta, Solo, Semarang, Pekalongan, Surabaya, Bekasi, Depok, Padang, Banyuwangi.

Nah, selain kegiatan rutin tersebut, kami juga beberapa kali mengadakan event sosial lain di kota-kota tersebut. Seperti Kunjungan ke Panti Asuhan, pembagian sembako, berbagi Kasur ke Panti Jompo, Nggowes bareng, Bikin workshop dan pelatihan, Gathering, pengumpulan buku dan pakaian pantas pakai, jalan-jalan bareng, makan bareng dan yang lainnya. Nah, Minggu lalu pas Banget nih @pagiberbagi #Jakarta ngadain event jalan-jalan bareng anak-anak pemukiman Pemulung JatiPadang. Sebenarnya ini rangkaian acara dari kegiatan sebelumnya. Pemukiman ini setahun yang lalu bangunanya habis akibat musibah kebakaran. Beberapa Minggu setelahnya, kami bikin event dongeng untuk anak-anak dan pengobatan gratis di sana. Alhamdulillah responnya sangat baik. Dan ini sebagai bentuk tindak lanjut keinginan pribadi kami untuk jalan-jalan ke Museum, diajaklah sekalian anak-anak disana untuk ikut serta. Hehehehe😆 Alhamdulillah respon nya bagus sekali, acara lancar dan lucu. hihihi

Meeting Point Taman Karang, JatiPadang

Meeting Point Taman Karang, JatiPadang. Nunggu ngumpul semua

Pembagian Atribut kelompok :-)

Pembagian Atribut kelompok🙂

Semangkaa!

Semangkaa!

Jadi ya, Jalan-Jalan nya tuh gak sekedar jalan-jalan. Selama perjalanan dari Meeting Point (Lapangan di jatipadang, Pasar Minggu) ke Museum Bank Indonesia, anak2 ini harus menyelesaikan suatu misi, misalnya bikin catatan keuangan masing-masing. Intinya dibikin games semacam amazing race gitu, hihihi. Masing-masing kelompok dibekali uang saku, yang dipakai untuk biaya selama di perjalanan. Tidak disediakan juga bus sewa atau transport bersama, melainkan mereka harus naik kendaraan umum. Terserah apapun itu yang penting nyampe. hehehehe🙂 dipilihlah busway sebagai alternatif utama. Tiap-tiap kelompok dipandu kakak pendamping, bergantian berangkat naek busway dan ada task2 tertentu di tiap pos. Seperti misalnya seperti ini :

Lagi serius ngerjain Soal :-P

Lagi serius ngerjain Soal😛

Hati-Hati ya... :lol:

Hati-Hati ya…😆

Keluar busway :-D

Keluar busway😀

Halte Busway - Pada ngintip apaan si? :lol:

Halte Busway – Pada ngintip apaan si?😆

Salah satu tugas penting : Foto Bareng Petugas Busway :lol:

Salah satu tugas penting kelompok : Foto Bareng Petugas Busway😆

Sejujurnya malah saya yang pengen ikutan jadi peserta. Apalagi pas momen minta foto bareng sama Petugas Busway nya, hihihi😆 hehehe. Belum lagi ketika nyampe di Museum Bi nya. Katanya sih seru. Berhubung saya tim konsumsi pas pada masuk Museum saya masih berkutat sama ayam dan nasi buat makan siang hehehe. Kabarnya sih di dalam museum bisa nonton film bertema Bank dalan bentuk animasi, dan kata teman-teman sih museumnya tergolong bagus untuk ukuran museum gratis😆 waaah, nanti kapan2 saya beneran harus kesana deh…😛

Sebelum masuk Museum :) Kita diliput looh :-P

Sebelum masuk Museum🙂 Kita diliput looh😛

Berkumpul di depan Museum BI

Berkumpul di depan Museum BI

Yuk! Baris yang rapi sebelum masuk ;-)

Yuk! Baris yang rapi sebelum masuk😉

Serius mendengarkan penjelasan Mbak Pemandu Museum :-)

Serius mendengarkan penjelasan Mbak Pemandu Museum🙂

Pemutaran Film

Pemutaran Film Kartun🙂

Bengong Ngliat Emas :-) ada Emas-emas ganteng gak ya? #eh

Bengong Ngliat Emas🙂 ada Emas-emas ganteng gak ya? #eh

kakak Ketua ngasih sambutan :lol:

kakak Ketua ngasih sambutan😆

Games dulu sebelum Makan Siang :-)

Games dulu sebelum Makan Siang🙂

Pembagian Hadiaah :lol:

Pembagian Hadiaah😆

Games sambil nunggu makan siang (ada yang nangkring di atas pohon) :lol:

Games sambil nunggu makan siang (ada yang nangkring di atas pohon)😆

Foto Bareng sebelum Pulang ;-)

Foto Bareng sebelum Pulang😉

Terima Kasih kawan-kawan atas hari seru nya kemarin. Buat yang sudah bersedia memfoto kami, hihihi, tim fotografer Mas Antok, Aji, dan kawan2 dari DIELTS Foundation. Kakak Bowo selaku Ketua kegiatan ini dan sudah bersedia ngurusin kaos2 kami nan lucu, hihihi. Rekan-rekan donatur yang sudah turut menyuksekan acara ini, kakak-kakak pendamping, ayam Crispy-nya Mas Catur selaku pendukung Makan Siang kami, Pihak Museum Bank Indonesia, Trans Jakarta, terima kasih atas ijinnya. Untuk Rekan-rekan dari DAAI TV yang sudah bersedia meliput kegiatan kami. Untuk teman-teman di Jatipadang, besok kita jalan-jalan lagi yaaa, hihihihi. Semoga semua bermanfaat dan bergembira dan yang pasti, Semoga Berkah!🙂

Salam Berbagi!

5 thoughts on “Jalan-Jalan Pintar with @PagiBerbagi #JKT

  1. bakpooo bakpooo Afie.. perjuangan menyenangkan adik2 dg menu makan siangnya (masak 1.5 jam) sampe cita2 masuk musium ga kesampaian.. bakpoo,, bakpooo.. jazakumullah khoiron katsiran..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s