Kapan Terakhir Kali Menulis Surat dengan Tulisan Tangan ?

Sore tadi sepulang kerja, saya mengobrol dengan rekan sebelah meja. Awalnya hanya ngobrol seputar “Sekolah Mahal Jaman Sekarang”. Bermula dari situ kami lalu sama-sama setuju bahwa nantinya kalo sudah punya anak, memilih sekolah tak perlu yang mentereng dan mahal (ya kalo punya duit sih gak papa sih ya), tapi bagaimana menanamkan kepada si anak bahwa belajar adalah suatu hal yang memang dia inginkan dari dalam dan ilmu bisa didapat di mana saja. “Aku dulu aja nekat sekolah di Bogor Fi, malah bapakku jadi sering kirim surat, masih inget banget deh tulisan tangannya Bapakku, dan suratnya puaaanjaaaang bangeet.. hihihihi, masih kusimpan tuh.” Lalu tiba-tiba ada yang berceletuk dalam diri saya, “kapan ya aku terakhir kali nulis surat pake tangan?”😀

Kalau gak salaah siih..terakhir nulis surat pake tangan itu pas jaman SMA. Awal-awal SMA. Waktu itu saya masih rajin bersahabat pena dengan seorang kawan yang belum pernah saya temui, namanya Andika (perempuan) asal Kalimantan. Lalu saya juga masih berasyik masyuk kirim surat secara rutin dengan beberapa sahabat saya saat SMP. Maklumlah ABG, apa aja pengen diceritain, meskipun waktu itu sudah jamannya e-mail, tapi tetap saja menulis surat dengan tulisan tangan itu rasanya lebih seru. Sentuhannya beda, feel nya dapet aja gitu.

Minggu lalu saya berkesempatan reuni kecil-kecilan dengan beberapa sahabat saya jaman SMP. Saya dulu bersekolah di Solo, namun kami reunion di Bogor, secara deket secara de facto sekarang..hehehe yang bikin kaget dan haru, si Ijo, salah satu sahabat saya itu masih menyimpan rapi surat-surat dari saya jaman SMA. Ya ampuuuun… rasanya kayak menemukan harta karun hihihi…😀 tulisan saya, coretan kartun gambar abg berjilbab pake kacamata khas buatan saya menghiasi tengah-tengah kertas, kadang-kadang di pojok atas, kadang-kadang di pojok bawah. Dan ketika saya ditagih balik, dimana saya menyimpan surat-surat dari Ijo, saya Cuma meringis lupa. Yang pasti masih saya rimpan rapi dalam kotak karton sepatu di rumah Orang Tua saya di Jogja. Ah, rasanya gatel pengen nulis pake tangan lagi.🙂

Harta Karun itu bernama tulisan tangan saya dalam surat :-D

Harta Karun itu bernama tulisan tangan saya dalam surat😀

Uniknya menulis sendiri surat dengan tulisan tangan itu buat saya banyak banget. Saat menulis kata-per kata nya kita sudah bisa membayangkan ekspresi si kawan kita di seberang sana, rasanya bikin gak bisa brenti nulis deh. Belum lagi jika saya terbiasa membaca ulang tiap surat yang mau saya kirim, rasanya suka aja. Ada bukti otentik cerita saya disitu. Hihihi. Bahkan kadang-kadang saya suka menyicil nulis surat, tidak dalam satu waktu saya selesaikan, ya semacam nulis postingan blog lah😀 belum lagi rasa deg-deg an saat mengirim surat, menunggu beberapa hari bahkan minggu untuk menanti balasan surat datang. Hobi beli perangko agak banyakan biar gak bolak-balik ke warung, atau nyiapin spare kertas surat lucu-lucu warna-warni dan wangi biar kawan kita yang di sana makin betah baca cerita kita. Rasanya menyenangkan sekali. Ah, pengen ngulang lagi rasanya. Ada yang mau berkirim surat lagi dengan saya gak? Tapi tulis tangan yaa…hhehehe😀

Perkembangan teknologi dan tentu saja gadget sekarang ini pasti banyak mengurangi intensitas manusia di bumi ini buat nulis surat pake tangan. Yakiin deeh..paling pool hobi yang mendekati kirim surat ini dan masih terbilang keren adalah kirim kartu pos lintas negara. Hehhee. Mungkin kerjaan Pak Pos jaman sekarang juga gak seribet jaman dulu ya. Jumlah surat Pribadi makin sedikit, yang ada paling-paling surat tagihan kartu kredit yang entah berapa puluh lembar dikeluarkan oleh Bank tiap hari. Hihihihi. Yah, pada akhirnya ada hal-hal Indah yang sebenarnya bisa kita ulang lagi. Yuk, nulis surat lagi yuuuuk😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s