Hello World #kid2

Ini kelanjutan kisah saya, kisah kami, as a family. Alhamdulillah, setelah surprise hamil lagi di usia #kid1 baru 8 bulan, saya diberi kesempatan lagi untuk mengurus bayi mungil nan lucu sebagai adiknya mas Athar. Yak, tepat 13 Maret 2016 kemarin, saya melahirkan bayi imyuuut gemyees ipel-ipel melalui persalinan normal.

Proses kelahiran kedua ini 11-12 dengan proses saat saya melahirkan Athar. Yang kata orang kelahiran kedua biasanya lebih mudah dan gampang tidak berlaku buat saya. Waktu tunggu dari pembukaan awal ke melahirkan persis kejadiannya saat saya akan melahirkan Athar. Jumat pagi pembukaan 2 ke 3, Ahad alias Minggu siang pas dhuhur, #kid2 lahir.

Ceritanya begini, Jumat Pagi 11 Maret 2016, saya masih enjoy keluar apartmen dengan bimbang, apakah akan ke kantor dulu pagi-pagi baru ke dokter (hari itu memang jadwal rutin kontrol mingguan, usia kehamilan saya waktu itu 38 minggu, HPL-Hari perkiraan lagir 22 Maret 2016). Begitu nyampe gerbang apartemen, entah kenapa saya memutuskan untuk WA pak Bos dan ijin sebentar untuk ke dokter. Pak Bos seperti biasa mengiyakan dan mendoakan semoga hasil kontrolnya bagus. Lalu saya naik taksi, tiba di RS, antri dokter seperti biasa dan saat dicek dokter… “lho bu, ini udah bukaan 2 mau bukaan 3 kayaknya”. Saya bengong. “terus dok?” tanya saya masih bengong. “ya Ibu langsung masuk rawat aja ya, saya gak berani ngijinin ibu pulang, karena ini kelahiran kedua biasanya masa Kala nya lebih cepat, apalagi ini hari Jumat, jalanan macet kalau tiba-tiba nanti ibu pulang dan pembukaan lengkap.” Dokter menjelaskan tanpa jeda.

Saya masih bengong dan melirik tas kerja seupil yang saya bawa, isinya Cuma dompet sama HP. Duh, kenapa sih tadi gak bawa roti. Entah kenapa habis dijelaskan pak Dokter, saya nya malah jadi laper.

Setelah reriweh urusan admin buka kamar dan sebagainya, saya bukanya langsung ke lantai rawat kebidanan, malah duduk bengong di lantai rumah sakit sambil nyamil risol yang saya beli di lantai bawah tangga rumah sakit. Bingung mau telepon siapa dulu. Suami atau ibu duluan ya. Mas Suami kebetulan lagi dinas keluar kota. Kalau saya telepon, pastilah mas Suami bakalan rada panik dan buru2 bakal balik ke Jakarta. Ehm, telepon ibu dulu deh. Sebagai seorang wanita yang telah melahirkan 10 anak, ibu hanya mendoakan yang terbaik tanpa panik, seraya bertanya “ibuk enaknya kapan ya nduk ke Jakarta?” hehehe.

Jumat bakda Jumatan, saya masuk kamar rawat lantai kebidanan RSPP. Hal pertama yang saya syukuri saat masuk ruangan tersebut adalah…Alhamdulillah…pas makan siang… menu sudah datang dan langsung saya santap. Hehehe, suster beberapa kali masuk bolak balik ngecek nadi saya dan calon bayi, serta nanya sudah mulas lagi apa belum. “belum” jawab saya lempeng”.

Jelang Magrib, mas Suami datang, hehehehe. Lengkap dengan  mama papa mertua hehehe. Ditungguin sampai malam, sayanya gak tambah mulesnya, tapi tambah lapernya.😀 Hehehe.

Sabtu, 12 Maret 2016

Oia, saya lupa belum bilang, saat saya masuk ke ruang rawat, berbarengan dengan 4 mahmud (mamah muda) lain yang akan melahirkan. Di Sabtu Pagi sudah 2 mahmud tersebut yang sudah melahirkan. Saya? Mules lagi juga belum. Lapar lagi iya. -_-

Sabtu malamnya, kakak-kakak saya yang di Jakarta datang menengok. Sambil haha hihi dengan keponkan-keponakan saya masih wara wiri jalan kaki. Tak lama kemudian dokter visit, karena saya nya gak mules juga, rencana akan diinduksi (nah kan, sama kayak waktu nglairin kakaknya dulu). Jam 12 malam saya diinduksi. Sakit? Anehnya saya malah tidur pulaaaas. #hadeeeh.

Minggu, 13 Maret 2016

Minggu dini hari (shubuh) suster melepas infus induksi dan mengecek progress pembukaan, kata suster sudah pembukaan 3 menuju 4. “mules gak bu” tanya suster. “nggak tuh sus, kenapa ya” jawab saya. Suster Cuma ketawa, “hehehe, ya nanti tunggu dokter aja deh bu”.

After sarapan, saya mengajak mas suami jalan keliling rumah sakit, berharap bisa nambah pembukaan. Baru 10 menit jalan,… naaah..kan mulai muleess…. “yah, mules ini yah” kata saya. “mules beneran apa ilang nih nanti?” jawab mas suami setengah hati, hehehe, maklum lah udah dua hari nunggu mules gak nongol2. Selisih 10 menit, saya mules lagi. Ayah lalu memapah saya ke kamar untuk tiduran di kasur. 10 menit kemudian mules lagi. “apa Ayah panggil suster ya bun”  kata mas suami. Saya bilang nanti saja, tunggu mulesnya deketan. Saya gak mau nanti ternyata masih mules2 palsu. Kalau orang jawa bilang, tiwas nyeluk suster, jebule kecele. Hehehe. Lalu.. 5 menit mules.. naah… ini nih, “yaaah, panggilin susteer”. Tak lama suster datang, cek dalam, “udah bukaan 6 bu, kita ke ruang bersalin aja yuk, jalan kaki aja ya”. Ebuset, sekarang mules sudah per 3menit, saya juga masih berusaha jalan, berharap ini beneran akan persalinan.

Lalu saya mulai mulas hebat. Per 2 menit, menjadi per menit gak ada jeda. Mulai deh agak teriak dikit…”dokternya manaaaa susteeer”, suster lalu menelepon pak dokter disamping saya, “dok, udah bukaan 8 ini, bentar lagi lengkap kayaknya, dokter dimana? Ha? Masih sepedaan? Buruan dok, cepet ini bentar lagiii”. Mas suami seperti persalinan sebelumnya, tangannya jadi pelampiasan remet2 saya menahan sakiit.. hehehe.

Tak lama, pak dokter datang…masih lengkap dengan baju sepeda dan kupluk naik sepeda. “ambilin teh anget dong” pinta pak dokter ke salah satu perawat, “udah dok, tadi pasien sudah kami siapin teh anget” kata suster. “bukaan..teh angetnya buat saya kok, hahaha” saya rasanya pengen ikutan ktawa sekaligus nimpuk pak dokter, wooii dok, udah mules banget ini daaaah….

Dan proses persalinan berlangsung, Alhamdulillah jam 12 siang tepat #kid2 lahir… Alhamdulillah….

Berat 3,19 Kg, panjang badan 49 cm.

Dan setelah melalui diskusi panjang, inilah nama yang kami berikan untuk #kid2 :

Arzachel = Al zarqali = ilmuwan, astronom muslim asal Spanyol

Hafidz = yang menjaga

Pramudya = bijaksana.

Hello World, Arzachel Hafidz Pramudya.

IMG_20160317_100546

Leave a Reply

