Let’s Say It Again : Hello World – 2020 – Quarantine Episode

 

Sudah bulan ke-5 saya dan keluarga beraktifitas di rumah saja. Tentu karena kondisi Pandemi-Covid19 yang membuat kami harus melakukannya. Karena kondisi ini pula, saya terdorong untuk menulis lagi di blog Pribadi saya. Sebuah tempat yang ternyata selama  ini saya rindukan ketika ingin sekedar berkeluh kesah atau menuangkan pikiran-pikiran saya yang kadang entah kemana muter terus. Ada medsos lain sih : Twitter, Instagram, Whatsapp, Telegram, Facebook. Satu terakhir, sudah saya hapus. Yes , saya sudah menghapus Account facebook saya, menghapus semua data di dalamnya, termasuk semua foto-foto. Alasannya? Bosan. Hehehe, belakangan saya sesali karena lupa saya belum menyimpan foto wisuda saya. Ah sudahlah, biar jadi motivasi saya harus kuliah lagi berarti :-p.

Oke, jadi pada akhirnya saya memilih kembali ke Blog, karena 4 medsos yang saya sebutkan diatas tadi, tidak cukup private buat saya. Ya sebetulnya kalau mau private tulis aja diary. Ya kan? Ah tapi saya tetap butuh orang buat baca, minimal anak saya nanti kalau udah gede mereka bisa buka link blog saya dan membaca catatan-catatan saya. Apa sih yang dipikirkan emak aku jaman dulu. Wkwkw. Kalau saya tulis di IG, kepentok gak bisa nulis banyak-banyak. Mau nge-Vlog, ntar ah mau beli tripod dulu biar gak pegel tangan megangin. Haish, banyak alesan. Hahaha ya intinya cari yang gampang aja deh, balik aja ke blog. Toh juga bisa di post di IG link nya. Wkwkkw.

And so… apa yang saya dan keluarga lakukan selama Quarantine days #dirumahAja. Banyak! Saya masih bekerja remote dari rumah (WFH-work From Home) sejak 16 Maret 2020 (inget banget saya tanggalnya, bersejarah soalnya :-p ), mas Yudo (wow, nulis nama suami saya sendiri aja bikin deg2an, HAHAHHA) masih WFO (working from office) bergantian jadwal WFH. Tentu karena dari rumah, saya seperti dikasih bonus waktu sama Allah. Biasa pagi buta langsung ke stasiun naik KRL ke kantor, sekarang bisa sholat Shubuh jamaah di rumah, lalu masih bisa ngaji kitab via zoom dengan guru saya di Bandung dan Santri-santri disana. Setelahnya masih bisa jalan pagi santai atau Yoga tergantung mood. Dan yang terpenting gak buru2 mandi pagi. HAHAHHAA, meskipun kadang saya suka absen ngaji kitab pagi sih. Tp minimal ada jadwal baru buat saya.

Jam 7 pagi lanjut kerja online dari rumah. Karena online, saya bisa mengerjakannya lebih awal selesai (kalau gak lupa dan gak malas, :-p ) kadang-kadang handle anak-anak dulu, ngatur materi sekolah mereka dan sekolah di rumah 30 menit. Yes 30 menit itu waktu maksimal saya bisa ngajar anak2. Kenapa? Ya karena di menit ke 20 sesungguhnya mereka sudah lari-lari sendiri dan nyuekin gurunya. “udah aja ya Bunda” . lanjut marathon rapat biasanya. Sampai sore. Begitu sore, saya langsung ganti, cek jadwal saya “sekolah” di luar. Jadi karena dikasih bonus waktu sama Allah, saya bisa ikut webinar dimana-mana. Terakhir saya kursus Bahasa Inggris (karena inggris saya jelek.. qiqiqiq), speaking dan teori secara online, belajar teknik polyglot juga, lalu belajar financial planning di sebuah Lembaga Pendidikan keuangan. Kadang-kadang masih mantengin youtube nyari yang kira-kira bermanfaat meski kadang ke klik juga itu deh akun lambe-lambe. Wkwkw. Masih ngejadwal baca buku buku. Malamnya saat Mas Yudo udah pulang, anak2 di pegang mas Yudo, dan saya bisa ikutan webinar atau ngaji malam.

Saat weekend saya ganti ngurusin toko online saya (mampir ya ke LahapBuku, ada di IG, tokped dan shopee). Stock opname barang-barang dagangan dan masih suka ikut webinar. Tapi kalau weekend lebih suka webinar yang ringan-ringan, self awareness misalnya, atau ikut webinar ngobrol santai soal parenting. Hehehe, Athar, anak sulung saya sampai komentar terus : “Bunda kenapa sabtu-sabtu kerja juga?” hehe, bukan kerja nak, sekolah :-p hihihihi. Padahal karena ibuk nya ini sungguh gak bisa diem.

Di bulan ke -5 ini kalau boleh menyimpulkan apa saja yang sudah saya pelajari :

  1. Saya belajar soal financial planning. Mempraktekkan sendiri untuk keuangan keluarga kami. Mulai berdiskusi banyak hal sama mas Yudo, gak Cuma soal keuangan tp soal hal lain ini. Disini saya mulai tergelitik, ternyata ngobrolin keuangan itu bisa bikin ngobrolin banyak hal lain, soal self awareness, soal profil resiko yang erat kaitannya dengan sifat dan karekter kita, sampai soal kebiasaan hidup. Jadi saya seperti dapat paket combo. Belajar keuangan iya, belajar komunikasi sama pasangan iya. Belajar self awareness juga iya. Tentu selain pengetahuan soal produk investasi saya bertambah. Dulu saya konvensional sekali, buka deposito pun nggak. Sekarang gak Cuma deposito, tapi Reksa dana dan saham saya juga punya. Meski baru sedikit hehe. Saya juga belajar soal bagi hasil, muamalat dalam islam nya bagaimana melalui buku dan bertanya. Pengelolaan keuangan bukan cuma soal banyak sedikit materi, tapi lebih bagaimana kita mengelola nya. Dan itu musti ngorek “jeroan” kita. Karena banyak keputusan keuangan yang kita ambil baik di masa lalu atau sekarang, dilatar belakangi karakter dan kebiasaan kita. Uang yang banyak, tp kitanya boros dan gagal mengelola ya tetep aja potensi miskin di depan mata. Tapi uang sedikit tapi kita tau cara mengelolanya berpotensi bertumbuh uangnya. Soal financial planning ini saya syukuri sekali. Kalau gak pandemic mungkin saya gak punya waktu buat belajar 😊 makasih ya Allah.
  2. Saya belajar Bahasa Inggris. Hahahah sumpah Bahasa Inggris saya itu jelek ya teman-teman. Saya pinternya kalau habis belajar. Kalau udah lama gak dipake ya bodo lagi,. Hihihihi. Jadi saya belajar speaking online, belajar teori lagi dari awal. Yang beneran kursus Cuma 2 minggu, setelah itu belajar mandiri dan belajar Teknik polyglot. Apa itu polyglot? Googling aja deh, hihihi. Intinya Teknik untuk mempelajari banyak Bahasa dengan otodidak alias belajar sendiri. Menarik bukan?
  3. Saya belajar self awareness. Berbeda dengan paket combo di point 1, soal ini saya pelajari khusus lewat.. ngaji saya secara online dengan guru di Bandung dan ikut kelas-kelasnya komunitas KIMI (Komunitas Ibu Muda Indonesia). Banyak sekali soal materi pengenalan diri yang saya ikuti. Memang saya ulang-ulang karena proses mengenal diri ini buat saya gak bisa sebentar. Musti sabar. Dan yang terpenting mengkondisikan rumah dan lingkungan untuk bisa kita belajar mengenal diri ini jauh lebih penting. Dari kelas ini saya belajar ngobrol sama pengasuhnya anak-anak soal parenting. Dan keberanian saya berbicara itu karena saya sudah merasa PD dengan diri saya sendiri dari proses mengenal diri tadi. Yes, saya merasa butuh mentransfer ilmu dan harapan saya ke anak-anak ke para pengasuh. Mereka memang lulusan SD, namun usia jauh diatas saya sehingga pengalaman hidup mereka jauh lebih banyak daripada saya. Disinilah saya mencoba masuk, menyampaikan apa yang saya inginkan ke anak-anak saya, bagaimana saya inginnya anak-anak itu dididik, kebiasaan apa yang mau saya tanamkan sampai bagaimana cara “ngomong” ke anak juga kami diskusikan. Karena saya percaya pengasuh itu selayaknya orang tua kedua bukan? Meskipun saya di rumah saja sekarang dan bisa mengawasi langsung anak-anak, tapi justru ini kesempatan saya untuk menctohkan langsung bagaimana saya ngobrol sama anak, bagaimana saya memberi konsekuensi ke anak, dan melihat para pengasuh praktek langsung. What a wonderful moment. Gusti Allah sungguh baik sama saya 😊 saya dikasih waktu buat kursus parenting ke mbak-mbak di rumah hehehhe.
  4. Saya belajar journaling. Bosen gak sih gaes di rumah mulu? Meski sibuk, ada satu titik saya merasa bosan dan suntuk. Dan pikiran yang rame banget itu musti saya keluarkan. Salah satunya journaling. Entah menjurnal keuangan harian (oia saya punya kebiasaan baru nyatet keuangan harian, hal yang dulu hampir gak pernah saya lakukan) ataupun jurnaling kata-kata, Bahasa, di sebuah buku oranye saya. Berantakan isinya, kadang gambar, kadang cuma garis2. Hihihi.
  5. Saya belajar merutinkan olahraga. Meski belum bisa setiap hari, tapi minimal seminggu 3 kali saya olah raga. Entah lari, jalan, senam, atau yoga. Soal olahraga ini saya lagi korek-korek saya ini malesnya dimana ya. Ternyata saya itu malas kramas habis olahraga gaes, karena rasanya lepek, tp harus banget mandi keramas, musti ngeringin lagi duh PR banget. Karena itu kemarin akhirnya mas Yudo memutuskan memotong sendiri rambut saya supaya lebih pendek biar gak males olah raga hahahahha.
  6. Saya membuka toko online saya lagi. Hihihi. Saya buka toko online pertama di tahun 2017. Jualan apa? Jualan buku-buku anak. Awalnya karena beli buat anak, lama-lama biar bisa beli harga miring, harus beli banyak dong macem kulakan, yaudin sekalian deh jadi reseller. Hehehe. Setahun jalan, 2018 saya stop jualan karena waktu itu habis lairan anak ketiga, pindah kerjaan dan saya merasa belum bisa atur waktu. Jualan hanya kalau saya lagi pengen aja. Sampai tahun 2020 ini, berkat pandemic, saya jadi bisa buka toko lagi. Hihihi bismillah mudah-mudahan Allah kasih kemudahan.
  7. Saya memulai lagi bagi-bagi sembako. Buat yang kenal saya lama, saya pernah getol banget promosiin komunitas PagiBerbagi. Hihih, jadi saya dan teman-teman di Jakarta membuat komunitas bagi-bagi nasi/sembako ke penyapu jalanan, mereplikasi kegiatan serupa yang sudah lebih dulu bergerak di Semarang dan Jogja. Rentang tahun 2011-2014 kami rutin bagi-bagi nasi bungkus ke penyapu jalanan di wilayah Jakarta pusat. Begitu saya menikah, diikuti para anggota Pagiberbagi juga menikah, udah aja gitu komunitas ini hilang. Hihihi. Untuk mengobati kekangenan saya, sejak pandemi, saya dan mas Yudo rutin menyiapkan paket sembako untuk para ojol/kurir yang ke rumah, entah ojol antar paket, atau pick up paket (karena saya jualan onlen). Sungguh terobati rasa kangennya, Allah tuh kayak ngasih banyak kemudahan, dulu ngeluh gak bisa leluasa naik motor lagi kemana-mana buat bagi-bagi nasi. Sekarang yang membutuhkan yang datang langsung ke rumah tanpa saya antar. Ini juga berkah jualan, sebagian penghasilan dari jualan onlen larinya kesini, untuk bikin paket sembako. Rata-rata sebulan kami menyalurkan 40 paket berisi : beras 1 kg, mie instan 2 bgks, teeh kemasan, kopi sachet, sarden. Kadang-kadang kalau ada lebihan lagi ditambah minyak dan tepung. Mudah-mudahan Allah ridhai.
  8. Saya belajar hidup lebih sehat. Cencu kita semua sejak pandemic jadi lebih aware soal kesehatan. Dari hal kecil dari rajin cuci tangan. Lalu merembet ke rajin bersih2 (karena dirumahaja), lalu jadi mencoba memperkuat imun tubuh biar gak gampang sakit. Ini juga yang saya dan mas Yudo coba terapkan. Kami belajar makan real food. Meskipun sampai sekrang kami masih makan nasi, rendang, mie dsb sih, heheh tapi minimal porsi sayur dan buahnya nambah. Tiap pagi rutin saya buat smoothies, kalau lagi rajin saya buat salad seadanya. Sekarang saya sedang tertarik resep-resep raw food hasil cuci mata di Instagram, hihihi doakan membuahkan hasil yaaa.

Jadi, setelah ini saya akan coba bikin post yang lebih dalem dan spesifik soal masing-masing dari 8 hal diatas. Wow, DELAPAN. Saya aja kaget sendiri setelah menuliskannya, banyak ternyata. Hahahhaa. I think, it’s a magic thing about journaling. Tau-tau nemu aja yang membuat kita terkejoet tentang diri kita sendiri. Oke, cukup segini dulu yang saya tulis ya. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Sampai ketemu di postingan selanjutnya  😊



Leave a comment

About Me

Afi is a working mother with three children enjoying life’s roller coaster. She loves learning and studying something new, even though sometimes she gets dizzy thinking about studying. She is confident as an extrovert, although she sometimes feels introverted at the same time. Likes books, although occasionally lazy to finish them. Likes to travel, only if with children and husband. The office worker who avoids business trips for fear of sleeping alone in a hotel room. :)

Buletin